Kelurahan Manggarai Selatan Panen Perdana Sayur Hidroponik

Pemuda Karang Taruna Manggarai Selatan, Jakarta memanen sayur mayur hidroponik lewat program pertanian perkotaan, Senin (10/8/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Kelurahan Manggarai Selatan, Kota Jakarta Selatan, menggelar panen perdana aneka sayur hasil budi daya hidroponik, Senin (10/8/2020). Budi daya dilakukan dalam program pertanian perkotaan di masa pandemi COVID-19.

Lurah Manggarai Selatan, Istambul Afrikana mengatakan, pertanian perkotaan di wilayah Manggarai Selatan dikelola oleh pemuda dan pemudi anggota Karang Taruna. Kegiatan sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. “Ini panen perdana Kelurahan Manggarai Selatan setelah pandemi COVID-19 dan masa PSBB transisi melalui pertanian hidroponik,” kata Istambul, Senin (10/8/2020).

Istambul menyebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggalakkan kegiatan pertanian perkotaan dengan sistem hidroponik. Kegiatannya tidak membutuhkan lahan luas untuk membudidayakan sayur mayur.

Budi daya sayur mayur secara hidropnik, cocok untuk dikembangkan oleh masyarakat perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan. “Panen perdana cukup memuaskan, ada bayam hijau dan bayam batik sebanyak 18 ikat, berat masing-masing per ikat 250 gram,” ujar Istambul.

Kegiatan budi daya sayur mayur secara hidroponik, dapat mengalihkan kegiatan pemuda di masa pandemi untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Dengan menanam sayur, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan serat yang baik untuk kesehatan.

Istambul berharap, anggota Karang Taruna dapat mengembangkan budi daya pertanian perkotaan, sehingga bisa menjadi mata pencaharian bagi masyarakat sekitar. Dengan panen yang banyak, sayur organik tersebut dapat dipasarkan ke swalayan atau pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Manggarai Selatan. Sebelumnya, Karang Taruna Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan telah lebih dulu sukses memasarkan produk sayur hidroponik ke pusat perbelanjaan di wilayah tersebut. (Ant)

Lihat juga...