Klaster Perusahaan Covid-19 Bermunculan di Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Klaster pabrik kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus bermunculan. Setelah pabrik LG Electronik, dan Suzuki di Tambun Selatan, sekarang muncul klaster pabrik sparepart mobil di Cikarang.

88 Karyawan di pabrik sparepart mobil di Cikarang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal sejak diperbolehkan aktivitas kembali, Gugus Tugas Kabupaten Bekasi sudah menyiapkan aturan protokol kesehatan.

“Benar ada kasus baru 88 karyawan pabrik mobil di Cikarang, terkonfirmasi terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 68 orang warga Kabupaten Bekasi,” ujar Alamsyah, Juru Bicara Covid-19, Kabupaten Bekasi, di konfirmasi Cendana News, Senin (31/8/2020).

Dikatakan dari jumlah tersebut ada enam orang sudah dinyatakan sembuh. Adapun langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan penutupan aktivitas sesuai kondisi paparan.

Menurutnya terkait terus terkonfirmasinya paparan Covid-19 dengan menyasar klaster pabrik, gugus tugas dari awal sudah mengingatkan dengan menyiapkan aturan protokol kesehatan.

Dikonfirmasi apakah boleh diklaim perusahaan yang terpapar Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi tersebut tidak mengindahkan protokol kesehatan sesuai arahan gugus tugas, Alamsyah hanya menjawab tidak seperti itu juga tanpa menjelaskan secara rinci.

Atas rentetan kasus klaster pabrik di wilayah Kabupaten Bekasi, Alamsyah hanya mengimbau agar perusahaan kembali melakukan pengetatan dan apa yang menjadi kewajiban perusahaan periksa karyawannya bisa lebih diintensifkan lagi.

Meskipun jumlah rentetan kasus covid-19 di Kabupaten Bekasi kini ada klaster perusahaan, Alamsyah menyebutkan belum ada wacana penerapan pembatasan aktivitas di wilayah setempat seperti yang diterapkan di Depok dan Kota Bogor.

Diketahui sebelumnya muncul klaster pabrik LG Electronics, kawasan MM2100, Cikarang Barat sebanyak 242 kasus, selanjutnya pabrik perakitan sepeda motor asal Jepang, Suzuki, di area Tambun Selatan sebanyak 71 kasus.

Lihat juga...