Kunjungan Wisata ke TN Kelimutu Mulai Berangsur Normal

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Kunjungan wisatawan ke Taman Nasional (TN) Kelimutu mulai berjalan normal. Destinasi wisata di Kabupaten Ende, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut sebelumya ditutup semenjak 28 Maret 2020 lalu.

Kunjungan wisatawan  ke danau tiga warna Kelimutu sudah mulai dibuka sejak, Jumat (10/7/2020). Pengunjung diwajibkan mendaftar terlebih dahulu sebelum datang. Namun, animo wisatawan berkunjung ke Kelimutu mulai mengalami peningkatan di Agustus ini. “Selama Agustus 2020, rata-rata per-hari kunjungan wisatawan nusantara mencapai 160 orang. Kunjungan wisatawan ini sudah mulai mendekatai angka normal,” kata Kepala Balai TN Kelimutu, Persada Agussetia Sitepu, Minggu (30/8/2020).

Agus menyebut, kunjungan wisatawan sudah meningkat. Sebelumya, di 2019 sebelum merebaknya Corona, dalam sehari rata-rata kunjungan wisatawan ke Danau Kelimutu mencapai 200 orang. Ia menyebut, setiap wisatawan yang berkunjung tetap wajib melakukan pendaftaran secara online atau booking online. Hal itu dikarenakan, kuota kunjungan masih dibatasi maksimal 200 orang per-hari.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (TN Kelimutu), Kabupaten Ende, Flores,NTT Persada Agussetia Sitepu, Minggu (30/8/2020) – Foto : Ebed de Rosary

Agus menegaskan, pembatasan jumlan pengunjung mengacu pada Surat Edaran Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) nomor SE.9/KSDAE/PJLHK/KSA.3/6/2020. Wisatawan wajib memesan secara online setiap hari selama jam kerja 07.30 WITA sampai 17.00 WITA.

Sebelumnya, Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad berharap, dibukanya kembali Danau Kelimutu dapat menumbuhkan kembali geliat pariwisata di daerahnya. Diharapkan, wisatawan tidak takut datang ke Ende, untuk mengunjungi Danau Kelimutu dan berbagai destinasi wisata lainnya. “Semoga geliat patiwisata akan kembali bangkit sehingga ekonomi pun kembali pulih. Saya bercita-cita menjadikan geopark Kelimutu dan akan mendaftarkan ke Unesco,” ujarnya.

Ketua Himpunan Pramuwisata (HPI) NTT, Agustinus Manua Bataona menyebut, sudah ada kunjungan wisatawan ke TN Kelimutu termasuk ke Taman Nasional Komodo. Namun, wisatawan yang datang adalah wisatawan domestik.

Sedangkan untuk wisatawan asing disebutnya, masih menunggu hingga situasi benar-benar memungkinkan, baru akan mulai melakukan perjalanan wisata. “Memang sudah mulai ada kunjungan wisatawan tapi masih wisatawan domestik saja. Banyak wisatawan asing yang mulai mendaftar untuk datang ke NTT namun masih menunggu situasi memungkingkan,” tandasnya.

Lihat juga...