Leverkusen Lanjut ke Perempat Final Liga Europa

Gelandang serang Bayer Leverkusen, Moussa Diaby (kedua kanan), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai menjebol gawang Rangers dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion BayArena, Leverkusen, Jerman, Kamis (6/8/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Bayer Leverkusen, melanjutkan langkah mereka ke babak perempat final Liga Europa, setelah melengkapi agregat 4-1 atas Rangers.

Laga di perempat final dijalani dengan bekal kemenangan 1-0 dari pertandingan leg kedua babak 16 besar di Stadion BayArena, Kamis (6/8/2020) waktu setempat atau Jumat (7/8/2020) WIB. Gol tunggal Moussa Diaby, menjadi penentu kemenangan tim besutan Peter Bosz, yang selanjutnya bakal bertemu wakil Italia Inter Milan di babak perempat final.

Rangers melewatkan 45 menit pertama praktis tanpa melakukan apapun, kecuali mempertahankan areanya sendiri tanpa mampu menebas ancaman ke pertahanan tuan rumah. Tim besutan Steven Gerrard itu bahkan cukup beruntung tak memasuki ruang ganti dalam keadaan tertinggal, mengingat Leverkusen memperoleh peluang emas 16 menit setelah laga dimulai.

Adalah Havertz, yang berusaha mengirim umpan ke arah Kevin Volland. Tetapi bola dihalau oleh Filip Helander dan membentur kembali ke arah gelandang serang incaran Chelsea itu. Havertz segera menyambutnya dengan tembakan voli yang sudah tak mampu diantisipasi kiper Allan McGregor.

Tetapi untungnya bolak ditolak oleh mistar gawang. Tujuh menit berselang, Havertz kembali menciptakan peluang untuk tuan rumah, setelah lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan McGregor. Tetapi kali ini tembakannya melenceng dari sasaran.

Enam menit memasuki babak kedua, Leverkusen akhirnya memimpin lewat ketenangan Diaby, yang mengendalikan bola hasil umpan terobosan dari Charles Aranguiz dan dikontrol dengan dadanya, Diakhiri dengan melepaskan tembakan keras yang menaklukkan McGregor.

Rangers akhirnya tampil lebih menyerang dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-71, kala Scott Arfield mengirim umpan silang yang mampu disundul Connor Goldson. Tetapi bola disapu oleh Edmond Tapsoba, sebelum melewati garis gawang. 10 menit berselang, kiper Lukas Hradecky hampir membayar mahal ketledorannya, setelah umpannya dipotong oleh Ianis Hagi dan diteruskan ke arah Greg Stewart. Beruntung Aranguiz berada di posisi yang tepat untuk menghalau tembakan yang datang dan hanya berujung sepak pojok.

Hradecky membayar kesalahannya dengan penyelamatan gemilang pada injury time, ketika menghalau tembakan melengkung Borna Barisic. Dan sebelum mengamankan bola dari terkaman Stewart demi memastikan skor 1-0 bagi Leverkusen bertahan hingga bubaran. (Ant)

Lihat juga...