Menikmati Kelembutan Pacar Cina Berbahan Tepung Sagu

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Pacar cina, salah satu jajanan pasar yang cukup akrab di masyarakat Lampung. pedagang. Kuliner tradisional tersebut berciri khas warna warni dipadukan dengan kuah manis.

Herlina, pedagang berbagai jenis kue tradisional salah satunya pacar cina di pasar Kangkung, Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu (15/8/2020). Foto: Henk Widi

Herlina, salah satu pedagang makanan tradisional di pasar Kangkung, Teluk Betung, Bandar Lampung menyebutkan, pacar cina kerap disebut juga dengan mutiara sagu dan disajikan sebagai minuman menyerupai bubur.

Tepung sagu yang akan dibuat menjadi pacar cina dimasukkan dalam wadah khusus lalu diberi air panas. Proses mengaduk dilakukan dengan sendok dan diuleni memakai tangan hingga kalis.

Ciri khas warna warni pacar cina dikombinasikan dengan pewarna makanan. Jenis warna yang digunakan meliputi hijau daun pandan, merah daun pacar, putih warna tepung dan berbagai warna lain.

“Saya memakai cetakan khusus sehingga bentuknya bulat kecil yang akan dikeringkan dengan proses penjemuran, agar warna terlihat bening setelah dikeringkan bisa direndam dengan air dingin sebelum digunakan,” terang Herlina saat ditemui Cendana News, Sabtu (15/8/2020).

Herlina menyebut saat akan disajikan, biji pacar direbus dengan air hangat hingga mengapung dan bening dan selanjutnya direndam dengan air dingin. Biji pacar cina bisa direbus dengan garam dan gula untuk penambah rasa. Selanjutnya bahan pelengkap berupa santan, daun pandan, tepung maizena sebagai kuah kental.

“Biji pacar cina bisa dicampurkan dengan kuah kental, konsumen bisa menikmati dalam kondisi hangat dan dingin,” cetusnya.

Herlina menyebut menjual kudapan pacar cina kering seharga Rp5.000 per kemasan. Pacar cina siap santap lengkap dengan kuah Rp7.000.

Nory, warga Kelurahan Bumiwaras,Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut menyukai pacar cina. Sebagai minuman sekaligus makanan ia menyukai kudapan tersebut dalam kondisi dingin. Setelah dibeli ia akan menyimpannya di dalam lemari pendingin.

“Selain menyegarkan pacar cina bisa mengenyangkan bisa untuk menu sarapan atau disantap saat siang hari,” cetusnya.

Kekenyalan biji pacar cina menurut Nory memiliki sensasi nikmat saat berada di lidah. Kesegaran kerap ditambahi olehnya dengan menggunakan susu cair. Bagi pemilik gangguan pencernaan terutama magh pacar cina yang lembut berbahan sagu dapat juga menjaga kesehatan lambung.

Lihat juga...