Menu Lezat Sop Iga Sapi Semarangan

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Kurang lengkap rasanya, jika perayaan hari raya Idul Adha, tanpa masakan berbahan daging kambing atau sapi. Salah satunya, masakan sop iga sapi khas Semarangan. Selain mudah dibuat dan juga disukai seluruh anggota keluarga, 

“Sop iga sapi tak terlalu sulit dibuat, kuncinya pada kaldu yang bening dan gurih. Sop iga sapi juga lebih disukai seluruh keluarga, sebab kalau masakan daging kambing, terkadang ada yang tidak suka. Bau prengus,” papar warga Semarang, Anggri Ramadhani di Semarang, Sabtu (1/8/2020).

Dipaparkan, langkah pertama pembuatannya, cuci bersih iga sapi dengan air mengalir agar semua kotorannya larut.

Selanjutnya didihkan air secukupnya dalam panci. Masukkan potongan iga dan biarkan hingga mendidih.Angkat dan buang air rebusan pertama ini.

“Air rebusan pertama harus dibuang, sebab airnya keruh, tercampur dengan lemak. Kalau dipakai, nanti air sop iga sapi juga ikut keruh,” tambahnya.

Untuk itu, proses perebusan kembali diulang. Taruh kembali iga dalam panci, tuang air dan direbus hingga mendidih dengan api kecil. Jaga api kecil ini hingga daging iga empuk.

“Kalau bumbunya, hampir sama. Namun agar dapat rasa yang gurih dan tidak terlalu kental rasa minyak, dalam menumis menggunakan mentega,” terang Anggri.

Bumbunya berupa bawang bombay, cincang kasar atau bawang merah cincang kasar, bawang putih yang dimemarkan, merica bubuk, pala bubuk dan garam.

“Bumbu yang sudah ditumis tersebut, tinggal dimasukkan ke dalam rebusan iga. Tambahkan merica, pala dan garam. Setelah mendidih, baru kemudian ditambah potongan wortel dan kentang,” tandasnya.

Isna, warga Semarang, mengaku menu sop iga sapi menjadi masakan favorit keluarganya. Menu ini selalu ada saat perayaan Idul Adha, saat ditemui di Semarang, Sabtu (1/8/2020). -Foto Arixc Ardana

Rasa sop iga sapi yang gurih dan enak, cocok untuk dimakan bersama keluarga.

Hal senada juga disampaikan Isna, warga Semarang lainnya. Dirinya mengaku setiap Idul Adha, selalu membuat sop iga sapi.

“Kebetulan anak- anak juga suka. Mudah membuatnya,” terangnya.

Diakui sop iga sapi, menjadi menu favorit keluarganya. “Selain enak dan gurih, juga menyehatkan karena ditambah sayur- sayuran seperti kentang dan wortel,” tambahnya.

Di satu sisi, karena sayuran juga menyerap garam dan memberi rasa pada kaldu iga. Penambahan sayuran diberikan setelah masak.

“Sebagai pelengkap, sebelum disajikan, tambahkan daun bawang iris halus, bawang goreng, sambal rawit dan jeruk nipis. Rasanya dijamin enak dan gurih,” pungkasnya.

Lihat juga...