MUI: Zakat dan Wakaf Topang Tatanan Kehidupan Umat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI), Salahuddin al-Ayyubi menegaskan, bahwa aspek zakat dan wakaf meliputi agama dan dunia yang tak terpisahkan dalam kehidupan setiap umat manusia.

Kefungsian dan kedudukan zakat menjadi sangat penting, sehingga tepat sekali jika dihukumi wajib, salah satu rukun Islam.

Zakat adalah ibadah yang bercorak sosial-ekonomi. Dimana kewajiban zakat termasuk dharuri din (hukum-hukum dan akidah).

“Zakat-wakaf ada agama dan dunia. Ini karena aspek zakat dan wakaf tidak semata-mata menerapkan ajaran agama, tapi ada dunia, yakni dampak sosial ekonomi dalam kehidupan umat,” ujar Salahuddin, pada diskusi webinar bertajuk ‘Optimalisasi Kontribusi Keuangan Sosial Syariah dalam New Normal‘, di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Lebih lanjut dia menyampaikan, dalam hal ini fungsi negara dan pemerintah ada dua hal. Pertama, adalah menjaga keberlangsungan agama, dan kedua mengatur hal-hal yang menyangkut keduniaan.

Dimana menurutnya, pemerintah mempunyai kewenangan membentuk zakat-wakaf, ada Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), Badan Wakaf, LAZ (Lembaga Amil Zakat) dan lainnya. Kesemua lembaga zakat tersebut secara syar’i mempunyai kebijakan yang kuat.

“Dalam Alquran yang mengambil ini, Ulil Amri, imam negara, mengutus seseorang atau lembaga yang ahli mengambil sedekah, dan wakaf juga,” urainya.

Menurutnya, dalam masa new normal atau tatanan baru, maka diperlukan fokus pengelolaan zakat. Dalam hal penyaluran zakat diperlukan untuk dilakukan dengan secepatnya, sehingga tidak menunggu.

“Langkah ini diterapkan agar masyarakat duafa dapat memenuhi kebutuhan pokok,” tutupnya.

Juga dalam menanggulangi pandemi Covid-19, menurutnya, MUI sudah menerbitkan fatwa, salah satunya tentang medis.

Yakni, asnaf mana untuk penanggulangan dalam hal ini medis misalnya, pembelian Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat penting. Dalam kondisi new normal, keselamatan jiwa dalam konteks ini alokasikan dana zakat dan wakaf untuk penanggulangan yang bernilai sangat penting.

Lihat juga...