Pacers Pecat Nate McMillan

Nate McMillan, saat masih mendampingi Indiana Pacers sebagai pelatih kepala dalam gim ketiga putaran pertama playoff NBA Wilayah Timur melawan Miami Heat di AdventHealt Arena, Orlando, Florida, Amerika Serikat, Sabtu (22/8/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Indiana Pacers, Rabu (26/8/2020) malam WIB, mengumumkan pemecatan Nate McMillan, dari kursi pelatih kepala. Pemecatan terjadi hanya dua hari setelah Pacers tersingkir dari putaran pertama playoff NBA Wilayah Timur.

Presiden operasional bola basket Pacers, Kevin Pritchard menyebut, keputusan itu tidak mudah tetapi harus ditempuh. Semuanya demi membawa tim ke arah yang berbeda. “Mewakili keluarga Simon dan organisasi Pacers, saya berterima kasih kepada Nate, atas tahun-tahun yang dilewatkannya bersama tim ini. Ini keputusan yang sangat sulit untuk dilakukan, tetapi kami mereka langkah terbaik bagi organisasi ini adalah menuju ke arah yang berbeda,” kata Pritchard, di laman resmi Pacers.

Pacers menjadi korban kemenangan perdana Miami Heat di seri playoff sejak 2016, setelah dikalahkan empat gim langsung dengan skor 101-113, 100-109, 115-124 dan 87-99. McMillan memulai tenornya sebagai pelatih kepala Pacers sejak musim 2016/17, menggantikan Frank Vogel yang sebelumnya ia asisteni.

Dalam kurun waktu tersebut, McMillan membukukan 183 kemenangan dan 136 kekalahan bersama Pacers. Tetapi di fase playoff, rekornya tak mentereng. Cuma tiga kemenangan dari 19 pertandingan. Musim ini, McMillan berhasil mengantarkan Pacers finis di urutan keempat wilayah Timur, dengan catatan 45 kemenangan dan 28 kekalahan, kendati guard bintang Victor Oladipo cuma bisa main dalam 19 laga.

Sayangnya, absennya Domantas Sabonis di playoff, membuat Pacers tak berkutik menghadapi Miami Pemecatan McMillan juga cukup menjadi ironi, mengingat dua pekan yang lalu Pacers mengumumkan perpanjangan kontraknya selama semusim, dengan opsi tambahan setahun di pihak klub. Pacers menjadi tim kelima, yang saat ini berstatus tanpa pelatih kepala. Sebelumnya Chicago Bulls, Brooklyn Nets, New Orleans Pelicans dan Philadelphia 76ers, juga menempuh langkah serupa. (Ant)

Lihat juga...