Patuhi Protokol Kesehatan, Sembelih Hewan Kurban Sebaiknya Bertahap

KEDIRI – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri, Jawa Timur menganjurkan kepada panitia penyembelihan hewan kurban Iduladha 2020 menyembelih hewan kurban secara bertahap.

“Maksud kami jika satu masjid biasanya memotong 10 ekor di hari yang sama, tahun ini kami menganjurkan menjadikan beberapa hari,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih di Kediri, Sabtu.

Ia mengatakan proses penyembelihan itu bisa dilakukan setelah Shalat Iduladha hingga Hari Tasyrik 2020 berakhir. Dari laporan yang diterimanya, hingga Senin (3/8) masih ada panitia yang melakukan penyembelihan hewan kurban.

Pihaknya juga meminta panitia agar mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan demi mencegah COVID-19. Panitia harus mematuhi prosedur yang berlaku, seperti jaga jarak, mengenakan masker, termasuk rajin mencuci tangan.

“Itu maksudnya untuk mengoptimalkan pelaksanaan protokol kesehatan,” ujar dia.

Pihaknya juga telah melakukan pemantauan penyembelihan hewan kurban, termasuk di area Masjid An-Nur, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Dari hasil pemantauan, proses penyembelihan sudah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hewan kurban yang telah disembelih kondisinya juga bagus.

Dari hasil pemantauan, pada Iduladha tahun ini terdapat kurang lebih 189 ekor sapi dan 1.020 ekor kambing yang disembelih.

Ia juga meminta kepada panitia saat memberikan daging kurban juga menerapkan pengawasan yang ketat. Masyarakat tidak dianjurkan untuk berkerumun, demi mencegah penyebaran COVID-19.

Ia juga berharap, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban bisa berlangsung lancar, tertib, dan mematuhi protokol kesehatan.

Menjelang Idul Adha 1441 Hijriah, petugas DKPP Kabupaten Kediri gencar melakukan inspeksi mendadak terhadap hewan kurban di sejumlah pedagang dan pengepul di kabupaten itu.

Kegiatan tersebut ditujukan memberikan jaminan kelayakan dan kesehatan kepada masyarakat yang akan membeli hewan untuk berkurban.

Diharapkan, dengan adanya pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut akan membantu calon pembeli mendapatkan hewan kurban berkualitas sesuai dengan syarat dan ketentuan hewan kurban. (Ant)

Lihat juga...