Pelaku Wisata di Sikka Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE – Pandemi corona yang melanda dunia termasuk Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat sektor pariwisata terpuruk.  Para pelaku pariwisata pun berusaha kembali bangkit, menerima kunjungan wisatawan

“Pelaku wisata siap apabila ada kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sikka. Semua sarana dan prasarana pariwisata telah siap apabila ada kunjungan wisatawan,” sebut Sonya da Gama, pelaku wisata di Sikka, Rabu (12/8/2020).

Sonya mengatakan, pelaku wisata di Kabupaten Sikka yang menjual paket wisata ke Gugus Pulau Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Maumere sudah mulai bersiap menerima tamu yang datang untuk menikmati keindahan kawasan ini.

Sonya da Gama saat ditemui di tempat usahanya, Rabu (12/8/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Dia menyebutkan, sejak dahulu Teluk Maumere sudah terkenal menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sikka karena keindahan alam bawah lautnya sehingga wisatawan banyak yang berkunjung ke tempat ini.

“Sejak pandemi corona aktivitas wisata ke Teluk Maumere sempat terhenti. Namun sejak adanya surat dari BKSDA NTT yang menyatakan pembukaan TWAL sejak tanggal 15 Juni kami sudah mulai beraktivitas,” ungkapnya.

Meskipun menerima kunjungan wisatawan, kata Sonya, pelaku wisata tetap menerapkan protap Covid-19 sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah meskipun Kabupaten Sikka sudah masuk zona hijau.

Dirinya mengaku hingga saat ini wisatawan mancanegara banyak yang sudah mulai mendaftarkan diri untuk berwisata ke Kabupaten Sikka termasuk mengunjungi Teluk Maumere.

“Kita tetap menerapkan protap Covid-19 sesuai aturan pemerintah. Organisasi-organisasi pariwisata pun sudah memberitahukan hal tersebut kepada segenap anggotanya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BKSDA, NTT, Timbul Batubara dalam suratnya tanggal 9 Juni 2020 menegaskan agar pelayanan pengunjung tetap menggunakan protokol new normal atau kenormalan baru dan tangguh sejak tanggal 16 Juni 2020 dan seterusnya serta melakukan evaluasi berkala.

Lihat juga...