Pemprov Maluku Utara Edukasi Peternak Ayam melalui Buku Panduan

TERNATE  – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malaku Utara membagi-bagikan buku panduan peternakan ke sejumlah peternak ayam kampung di Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, guna meningkatkan kapasitas usaha yang sedang dikembangkan para peternak.

“Tentunya buku panduan ini sangat bermanfaat bagi peternak, terutama karena kurangnya pengetahuan untuk merawat ayam peliharaan mereka,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malut, Rahwan K Suamba melalui siaran pers yang diterima di Ternate, Senin.

Dia menyatakan buku ini merupakan upaya edukasi kepada para peternak.

Menurut Rahwan, sejumlah peternak ayam kampung telah memiliki semangat untuk beternak guna meningkatkan kesejahteraan keluarga, namun di lain sisi, mereka masih memiliki pengetahuan yang terbatas di bidang peternakan. Oleh karena itu, buku ini diharapkan memenuhi kekurangan pengetahuan tersebut.

Salah satu peternak ayam kampong, Abjan Hi Husen, menjelaskan buku yang diberikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut itu sangat bermanfaat bagi mereka karena dapat menambah pengetahuan di bidang peternakan ayam.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya buku bacaan yang disumbangkan oleh pak kadis karena akan membantu kami dalam meningkatkan pengetahuan di bidang peternakan ayam kampung,” kata Abjan.

Desa Laromabati memiliki sejumlah usaha peternakan ayam kampung yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan masyarakat tersebut sangat sejalan dengan program Perpustakaan Nasional yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan menjadikan buku sebagai bahan bacaan bermanfaat dan memberi dampak terhadap peternak,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...