Penumpang Arus Balik Iduladha di Bakauheni, Meningkat

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kenaikan arus balik libur lebaran Iduladha 1441 Hijriyah di pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, tercatat mengalami peningkatan. Berdasarkan data posko angkutan Iduladha PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni, penumpang diseberangkan mencapai 28.291 orang.

Captain Solikin, GM ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni, menyebut jumlah tersebut lebih banyak dibanding tahun lalu.

Tercatat terjadi peningkatan sebesar 223,41 persen pemudik dengan jumlah tahun lalu 15.628. Peningkatan penumpang saat arus balik sebanyak 12.663 orang, terdiri dari penumpang pejalan kaki, di atas kendaraan.

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni, saat memberi keterangan, Senin (3/8/2020). -Foto: Henk Widi

Peningkatan jumlah penumpang saat angkutan Iduladha tahun ini sebanyak 26.993 orang, merupakan penumpang di dalam kendaraan, dan 1.298 penumpang pejalan kaki.

Selain penumpang, produksi angkutan yang dicatat meliputi  kendaraan roda empat berjumlah 3.969 unit, kendaraan roda empat atau lebih 5.493 unit, kendaraan roda dua mencapai 1.435 unit.

Peningkatan  jumlah  penumpang pejalan kaki, kendaraan disebabkan masyarakat memilih mudik dan balik saat Iduladha imbas mudik Idulfitri dilarang selama pandemi Covid-19.

“Sistem pelayanan penjualan tiket yang diterapkan telah memakai reservasi online, meski sebagian pengguna jasa belum siap. Namun, migrasi sistem online ticketing akan makin memudahkan pengguna jasa di lintasan Bakauheni-Merak,” terang Captain Solikin,  Senin (3/8/2020) malam.

Pelayanan kapal roll on roll off (roro), sebut Captain Solikin, rata-rata dalam satu hari mencapai 30 unit. Mengoperasikan lima dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif, dalam sehari bisa dilakukan 56 perjalanan kapal.

Kondisi cuaca perairan di lintas Selat Sunda yang baik, ikut mendukung kelancaran pelayanan arus balik libur Iduladha.

Meski puncak arus balik lebaran Iduladha terjadi pada Minggu (2/8) malam, arus kedatangan kendaraan asal Sumatra masih mengalir. Sebagian kendaraan asal Sumatra memilih menggunakan akses Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), yang tersambung dari Sumatra Selatan ke Lampung. Waktu tempuh yang semula bisa mencapai 12 jam, kini bisa ditempuh hanya 4 jam, menjadi pemicu lancarnya arus balik.

“Sempat ada stagnasi di pintu masuk, namun bisa diurai, kendaraan penumpang sementara diprioritaskan sehingga bisa terurai,” cetusnya.

Penyiapan loket tiket sebagai lokasi untuk tapping barcode tiket online yang telah dibeli ikut mendorong kelancaran. Sejumlah pengguna jasa, menurut Captain Solikin telah dibantu sosialisasi melalui banner, media sosial Instagram terkait reservasi tiket online melalui laman www.ferizy.com.

Sujarwo, perwira jaga Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (3/8/2020). -Foto: Henk Widi

Meski arus balik Iduladha telah terurai, pelayanan kendaraan ekspedisi masih terus berjalan hingga Senin (3/8) malam.

Umar, petugas pemeriksaan tiket menyebut, tren pelaku perjalanan dengan jalan kaki terjadi saat pagi hingga siang. Jelang sore hingga malam, penumpang pejalan kaki lebih sedikit. Bagi sebagian calon penumpang yang berada di wilayah Lamsel, memilih perjalanan malam hari memakai kapal roro.

“Kapal tidak terlalu penuh, tidak berdesakan dan jika ingin cepat sampai bisa memilih kapal eksekutif,” cetusnya.

Pembelian tiket melalui aplikasi Ferizy, menurut Umar bisa dilayani oleh sejumlah konter di area dalam dan luar pelabuhan. Calon penumpang yang tidak memiliki aplikasi tetap bisa dibantu oleh petugas, asal memiliki uang elektronik. Sebagian penyedia jasa reservasi tiket online di pelabuhan Bakauheni beroperasi selama 24 jam.

Sujarwo, perwira jaga Kantor Syahbandar dan Otoritas Kelas IV Bakauheni, menyebut kondisi perairan cukup tenang. KSOP memantau pelayaran sekaligus memeriksa manisfet penumpang yang dimuat setiap kapal.

Saat pandemi Covid-19, antisipasi kerumunan dan berdesakan pembagian muatan penumpang telah diatur. Ada tiga dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif melayani penumpang pejalan kaki.

Lihat juga...