Pesona Pantai Riangsunge di Solor Flores Timur

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Pantai Riangsunge merupakan salah satu pantai di wilayah Kelurahan Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan salah satu destinasi wisata yang terus dikembangkan dan ditata.

Pantai berpasir putih ini merupakan bagian dari Pantai Ritaebang yang juga berpasir putih dan membentang hingga sejauh satu kilometer lebih di mana di pesisirnya terdapat bakau dan pohon pandan laut.

“Pantai Riangsunge merupakan tanah milik masyarakat dan dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur tahun 2018 dengan membuat berita acara penyerahan,” sebut Kepala Dinas Pariwisata da Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima, Minggu (9/8/2020).

Nia sapaannya menjelaskan, khusus areal di Pantai Raingsunge, pihaknya telah membangun toilet dan kamar mandi, gazebo atau lopo, tempat penjualan kuliner, souvenir dan parkiran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima saat ditemui, Minggu (9/8/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Air bersih juga sudah dibangun kata dia, namun debitnya masih kurang sehingga tahun 2020 akan dibangun lagi dengan jaringan air bersih dengan mengambil jaringan melalui bak air di masyarakat untuk disalurkan ke pantai.

“Memang banyak potensi ke depan untuk dikelola dan kami sudah mengimbau agar semua kegiatan di Pulau Solor dilaksanakan di Pantai Riangsunge dan pengelolaannya diserahkan kepada Pokdarwis,’ terangnya.

Nia mengatakan, di sebelah timur Pantai Riangsunge ada konservasi penyu sehingga sepanjang pantai tersebut akan dikembangkan ke arah ekowisata dan harapannya ke depan ada investor yang membangun  homestay.

Adanya penginapan di sekitar Pantai Riangsunge kata dia, akan membuat wisatawan bisa datang berenang dan menikmati ekowisatanya dengan menginap di pantai ini.

“Kami juga membina beberapa kelompok tenun sehingga bisa mendukung souvenir di Pantai Riangsunge bila ada kunjungan wisatawan dari luar daerah. Target sementara untuk wisatawan lokal di Pulau Solor dan minimal Solor sudah mempunyai sebuah destinasi wisata,” ujarnya.

Mantan Lurah Ritaebang, Urbanus Werang mengaku Pantai Riangsunge memang menarik karena selain berpasir putih, perairan di depan pantai ini sangat jernih dan bersih serta terdapat banyak penyu.

Selain itu kata Urbanus, terdapat beberapa pulau kecil di bagian barat Pulau Solor yang berada di selat Lewotobi termasuk Pulau Konga yang berada di depan perairan Ritaebang.

“Tentunya kita berharap agar Pantai Riangsunge bisa menjadi sebuah destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Dulunya pernah ada beberapa wisatawan asing yang berwisata ke pantai ini,” tuturnya.

Lihat juga...