Petani di Karawang Diimbau Efisien Gunakan Air

KARAWANG – Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau agar para petani bisa lebih efisien menggunakan air saat musim kemarau.

“Petani diharapkan menggunakan air seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan tanaman,” kata Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi, di Karawang, Senin.

Ia menyampaikan, penggunaan air harus benar-benar efisien agar tidak terjadi kekurangan air pada musim kemarau seperti saat ini.

Dikatakannya, para petani juga perlu bergotong-royong untuk memperbaiki saluran irigasi tertier. Tujuannya ialah agar air di saluran irigasi tertier tidak banyak terbuang.

“Semua upaya antisipasi kekeringan telah kami sampaikan kepada para petani agar mereka bisa lebih waspada,” kata Hanafi.

Untuk olah tanah dan tanam, disampaikan agar petani berkomunikasi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan mantri air dari Perusahaan Jasa Tirta II Jatiluhur.

“Jadwal olah tanah dan tanam harus dikomunikasikan lebih lanjut supaya ada pemenuhan air bagi lahan yang sudah ada tanaman,” katanya.

Sesuai dengan catatan Dinas Pertanian Karawang, areal sawah yang rawan kekeringan pada musim kemarau biasanya terjadi di sejumlah kecamatan wilayah utara dan selatan Karawang. (Ant)

Lihat juga...