Petani Minahasa Didorong Tanam Bawang Merah

MANADO — Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mendorong petani menanam bawang merah di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak yang mengalami kesusahan karena kehilangan pekerjaan dan usaha. Tetapi bersyukur kita di Minahasa, tanah kita adalah tanah yang diberkati,” katanya saat panen perdana bawang merah Poktan Paulus PKB KGPM Sentrum Kawangkoan, Sulut, Sabtu (1/8/2020).

Roring, bersama Wakil Bupati, Robby Dondokambey, melakukan panen perdana bawang merah varietas Lansuna-Tompaso milik Kelompok Tani Paulus Pria Kaum Bapak (PKB) KGPM Sentrum Kawangkoan di Bukit Tompola Kinali Kecamatan Kawangkoan.

“Tapi tentu pengertiannya betul-betul jadi berkat jika dikelola. Kami dalam kesempatan berkeliling ke beberapa wilayah Minahasa melihat bahwa dulu banyak lahan tidur tapi sekarang sudah dikelola,” terang bupati.

Karenanya bupati mengapresiasi yang sudah dilakukan Poktan Paulus PKB KGPM Sentrum Kawangkoan yang diketuai Herman Bokau dan di bawah arahan Komisi PKB KGPM Sentrum Kawangkoan dengan Ketua, Stefen Supit.

Bupati juga mengingatkan dengan kehadiran Robby Dondokambey yang juga Ketua HKTI dan Fenny Roring Lumanauw sebagai Ketua KTNA, di mana organisasi ini adalah jembatan antara pemerintah dengan petani dan nelayan.

Kebutuhan petani seperti pupuk susah dicari saat musim tanam padahal sudah disalurkan pemerintah.

“Pertanian harus ditingkatkan terus karena kita hidup dari pertanian. Saat ini berbagai kegiatan ekonomi sudah dilonggarkan tapi tetap terapkan protokol kesehatan mengingat kasus positif COVID-19 di Minahasa masih terus bertambah,” katanya.

Dia menjelaskan kembali soal Bulan Pengucapan Syukur di Kabupaten Minahasa yang masih terus berlangsung di sepanjang Agustus ini.

Turut hadir Ketua Komisi III DPRD Minahasa Dharma Palar, Asisten II Wenny Talumewo, Camat Kawangkoan Eightmy Moniung serta Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur. (Ant)

Lihat juga...