PKK di Banda Aceh Sosialisasikan ‘Gebrak Masker’

BANDA ACEH  – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, menyosialisasikan penggunaan masker melalui Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) untuk mencegah penularan COVID-19 di Banda Aceh.

“Sosialisasi penggunaan masker ini sudah lama sekali kita lakukan, sekarang kasus COVID-19 semakin meningkat dan kita turun kembali ke lapangan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat agar patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang utamanya menggunakan masker,” kata Dyah di Gampong Pande Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela sosialisasi Gebrak Masker dari pintu ke pintu di kawasan Gampong Pande Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh yang turut didampingi Wakil Ketua DPR Kota Banda Aceh Isnaini Husda, penyanyi asal Aceh Nazia Marwiana, dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani.

Dyah menjelaskan program sosialisasi penggunaan masker untuk masyarakat yang dilakukan oleh TP PKK se Indonesia merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan kembali pencegahan COVID-19 dengan menggunakan masker.

Ia mengatakan penggunaan masker sangat efektif untuk mencegah dan menghindari penularan virus corona lantaran penularannya melalui percikan droplet atau cairan dari saluran pernapasan atau mulut yang keluar pada saat bersin, bantuk, dan berbicara dapat dihalau dengan masker.

Menurut dia jutaan masker telah dibagikan oleh pemerintah, baik dari level provinsi, kabupaten/kota sampai gampong sudah dibagikan masker, tapi penggunaan masih rendah.

Dyah berharap melalui gerakan bersama tersebut seluruh elemen masyarakat dapat lebih sadar terhadap bahaya virus yang menyerang saluran pernafasan manusia tersebut serta ikut terlibat mengedukasi sesama masyarakat Aceh akan penting penggunaan masker untuk pencegahan penularan COVID-19.

“Gebrak Masker hari ini merupakan pemanasan dari apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Aceh pada tanggal 4 September, nantinya secara bersamaan ASN akan turun ke seluruh kabupaten/kota hingga ke pelosok gampong untuk sosialisasi penggunaan masker,” kata Dyah.

Wakil Ketua DPR Kota Banda Aceh, Isnaini Husda, mengatakan Gebrak Masker adalah sosialisasi untuk mengingatkan kembali penggunaan masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19.

“Gerakan ini lebih kepada edukasi bahwa COVID-19 ini nyata adanya dan harus dicegah dengan serius dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...