Positif Covid-19 Kluster DPRD Banyumas, Bertambah

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Kluster DPRD Banyumas, bertambah. Setelah dua orang dinyatakan positif Covid-19, sekarang bertambah 3 orang, sehingga total anggota DPRD Banyumas yang positif ada 5 orang.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan, selain anggota DPRD yang positif, dua orang keluarga salah satu anggota DPRD juga terpapar Covid-19. Dengan demikian, total ada 7 orang dari kluster DPRD.

“Hasil swab kita terima kemarin, ada penambahan untuk anggota DPRD Banyumas, total menjadi 5 orang dan ditambah dua orang keluarga anggota DPRD, sehingga ada 7 orang,” kata Bupati, Selasa (25/8/2020).

Bupati Banyumas, Achmad Husein di Banyumas, Selasa (25/8/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Kelima anggota DPRD yang positif Covid-19 tersebut, yaitu Yn (perempuan), Im (laki-laki), Wr (laki-laki), Dy (laki-lakI) dan Ln (perempuan). Mereka sebelumnya sudah melakukan karantina mandiri dan ada tiga orang yang dirawat di rumah sakit. Ketiga orang yang dirawat tersebut dinyatakan positif Covid-19 lebih awal.

Menurut Bupati, salah satu anggota DPRD Banyumas yang dirawat di rumah sakit, Im, kondisinya sudah membaik. Sebelumnya ia hanya bisa berbaring, dan sekarang sudah bisa duduk serta makan sendiri.

“Kemarin saya sempat berkomunikasi melalui telepon, Pak Im kondisinya sudah membaik, namun masih harus dirawat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Banyumas, dr. Budhi Setiawan, menegaskan penularan Covid-19 di kalangan DPRD Banyumas bukan karena kunjungan kerja atau kunja, tetapi akibat transmisi lokal. Penyebaran virus tersebut diawali dari salah satu anggota DPRD perempuan Yn, yang mempunyai suami seorang pengusaha yang positif terpapar Covid-19.

Namun, anggota DPRD Banyumas tersebut tidak melakukan isolasi mandiri setelah merawat suaminya yang sakit, sebaliknya ia justru mengikuti kunja ke Ciamis, Jawa Barat.

Akibatnya, tiga orang anggota DPRD yang berada satu mobil selama perjalanan kunja tertular, yaitu Im, Wr dan Dy. Dan, salah satu anggota DPRD yang tertular tersebut, Im, menulari istrinya yang juga merupakan anggota DPRD Banyumas, Ln.

Sementara dua anggota keluarga DPRD Banyumas yang dinyatakan positif Covid-19, adalah anak-anak dari anggota DPRD perempuan Yn, yang suaminya pengusaha dan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, mengatakan hasil swab test yang dilakukan terhadap 114 anggota DPRD dan staf sekretariat DPRD sudah dikirimkan ke laboratorium Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Namun, sampai hari ini hasil swab test belum keluar.

“Kemungkinan dalam minggu ini hasil swab test 114 anggota DPRD dan staf sekretariat dewan, keluar,” katanya.

Lihat juga...