Puluhan Pelajar di Denpasar Isi BDR dengan Kreativitas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

DENPASAR — Kebijakan sekolah terkait belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covied-19 tidak lantas membuat puluhan pelajar di Kota Denpasar Selatan Bali berhenti berkreativitas. Untuk mengisi waktu, mereka membuat umbul-umbul serta pernak pernik dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-75 tahun.

Sejak pagi buta, puluhan pelajar dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga Mahasiswa saling bahu membahu mempersiapkan semarak HUT RI tersebut.

Eko, salah seorang orang tua siswa mengatakan, hal ini dilakukan selain untuk mengisi kekosongan selama belajar dari rumah, juga sebagai momentum edukasi kepada anaknya bagaimana pentingnya memperingati Kemerdekaan Indonesia.

Dikatakan, mereka dilatih untuk belajar memiliki tanggung jawab serta kepedulian agar tidak pernah melupakan pahlawan serta sejarahnya. Negara ini tidak akan pernah merdeka jika tidak ada jasa para pahlawan.

“Ini momentum bagi kami orang tua untuk mengajak anak selama belajar dari rumah untuk terlibat langsung dalam kegiatan tahunan,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, Kamis (6/8/2020).

Direncanakan, tepat pada 17 Agustus mendatang di kompleks perumahan dimana dia tinggal akan diselenggarakan berbagai macam lomba. Uniknya, akan ada lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP. Selain itu, kegiatan ini melibatkan semua pelajar sekolah dari tingkat TK hingga Mahasiswa. Bahkan, ada juga lomba untuk orang tua.

“Kegiatan ini sebenarnya rutin diadakan setiap tahun. Tapi khusus tahun ini kita kemas berbeda, yaitu tentang pendidikan,” imbuh Eko.

Dwi Mulya Setiawan, salah seorang pelajar mengakui senang bisa terlibat langsung dalam persiapan menyambut HUT kemerdekaan di kompleks perumahannya. Dikatakan, biasanya dirinya hanya ikut lomba di sekolah, namun kali ini semua dilakukan di rumah bersama para tetangga sekitarnya.

“Senang karena bisa terlibat langsung. Rencana saya akan ikut lomba cerdas cermat matematika besok,” tegasnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi dirinya dan rekannya yang juga masih pelajar selama kebijakan belajar sekolah. Saat ditanya apa harapan dengan situasi seperti saat ini. Dwi mengakui, semoga pandemi ini cepat berlalu agar dia kembali belajar normal seperti biasa di sekolah.

Lihat juga...