Puskesmas Badau Tetap Buka, Meski Dua Petugas Positif Covid-19

Ilustrasi rapid test COVID-19 di salah satu puskesmas di Kota Yogyakarta -Ant

PUTUSSIBAU – Puskesmas Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, tetap membuka pelayanan, meski dua petugas kesehatan puskesmas di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia itu dinyatakan positif Covid-19.

“Memang ada dua tenaga kesehatan di Puskesmas Badau yang positif Covid-19. Meski demikian, tidak memengaruhi pelayanan terhadap masyarakat,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Nazaruddin di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (31/8/2020).

Nazaruddin mengatakan, bahwa seluruh tenaga kesehatan di puskesmas itu telah menjalani tes swab. Dua dari mereka dinyatakan positif Covid-19.

Menurut dia, mereka yang positif saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, dengan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan.

Ia mengimbau masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

Saat ini, total kasus positif Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 38 orang. Jumlah pasien yang sembuh bertambah enam orang. Angka ini sesuai dengan Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Nomor: 443 /2873/Dinkes-P2P.C perihal: Kasus Konfirmasi Covid-19 Baru dan Sembuh tertanggal 29 Agustus 2020.

“Dengan demikian, total yang sembuh sebanyak 13 orang,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...