Saham-saham Australia Dibuka Lebih Rendah, Senin Pagi

Bursa saham Australia, ASX. -Ant/Reuters

SYDNEY – Saham-saham Australia dibuka sedikit lebih rendah pada perdagangan Senin pagi, karena kenaikan satu persen saham-saham energi diimbangi oleh penurunan dari sektor perawatan kesehatan.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 2,10 poin atau 0,035 persen menjadi 6.071,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas sedikit berkurang 5,60 poin atau 0,089 persen menjadi 6.255,20 poin.

Keuntungan yang kuat di sektor energi, teknologi dan utilitas tidak cukup untuk mendorong pasar Aussie ke wilayah positif pada awal perdagangan, karena kerugian dari kebutuhan pokok konsumen, perawatan kesehatan dan keuangan membebaninya.

Sektor material beragam, dengan penambang bijih besi Fortescue anjlok lebih dari tujuh persen, setelah perusahaan itu mendapatkan eks dividen. Penambang bijih besi lainnya membukukan kenaikan moderat.

Sementara itu, perusahaan susu formula bayi Bubs Australia meminta penghentian perdagangan hingga Jumat (4/9/2020), dengan alasan akan melakukan peningkatan modal.

Perusahaan berharap untuk memperluas di luar ceruknya dalam menyediakan susu formula kambing, terutama untuk pasar Australia dan Cina, untuk menyediakan produk susu sapi juga.

Di bidang keuangan, bank-bank besar sebagian besar lebih tinggi dengan National Australia Bank naik 0,78 persen, Westpac Bank naik 0,51 persen dan ANZ naik 0,22 persen, namun Commonwealth Bank turun 0,13 persen.

Saham-saham pertambangan juga sebagian besar menguat dengan BHP naik 0,66 persen, dan Rio Tinto 0,31 persen, namun Fortescue Metals turun 7,10 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas negara itu menguat dengan Oil Search naik 2,23 persen, Santos naik 1,55 persen dan Woodside Petroleum naik 0,84 persen.

Supermarket terbesar di Australia jatuh dengan Coles turun 1,48 persen dan Woolworths turun 1,48 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,69 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 2,31 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,74 persen. (Ant)

Lihat juga...