Tahun Ini Ada Ribuan Rutilahu di Kabupaten Sukabumi Diperbaiki Pemerintah

Salah satu rutilahu yang mendapatkan program bedah rumah di Kampung Kebon Jengjeng, Desa, Limusnunggal Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jabar – foto Ant

SUKABUMI – Ribuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapatkan bantuan program bedah rumah. Bantuan diberikan oleh pemerintah, baik Kabupaten Sukabumi, Provisi Jabar maupun Pusat.

“Program bedah rumah ini tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup warga khususnya di sektor kesehatan dan perekonomian. Perbaikan rutilahu tersebut tentunya mengubah rumah yang awalnya tidak layak huni menjadi layak huni,” kata Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, khusus bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi, perbaikan dilakukan untuk sekira 1.600 unit rutilahu. Dan jika ditambahkan dengan bantuan dari APBD Provinsi Jabar dan APBN, total rutilahu yang diperbaiki mencapai 4.680 unit. Rutilahu yang diperbaiki tersebut tersebar di 47 kecamatan.

Menurutnya, ada perbedaan perbaikan yang dilakukan bila dibandingkan pelaksanaan pada tahun sebelumnya. Di tahun ini program lebih ditekankan kepada bedah kampung. Beberapa kecamatan mendapatkan kuota lebih untuk bedah rutilahu, bahkan bisa mencapai 40 unit

Langkah yang dilakukan Pemkab Sukabumi ini untuk mengurangi jumlah rutilahu di kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali tersebut, yang hingga kini jumlahnya masih cukup banyak. Tetapi, untuk mengentaskan dalam waktu diakui kemungkinannya sulit untuk dilakukan.

Setiap waktu, ada penambahan rutilahu di tengah masyarakat. Dan program bedah rumah diakui bisa meminimalisasi jumlah rutilahu. Perbaikan Rutilahu harus memenuhi standar atau kriteria seperti ketersediaan sanitasi, air bersih, ventilasi udara, hingga ramah gempa agar penghuni rumah nyaman dan sehat.

Program ini akan terus dilakukan, namun untuk merehabilitasi Rutilahu yang ada perlu adanya batuan tidak hanya dari pemerintah, tetapi akan melibatkan pihak ketiga baik swasta, komunitas, maupun individu. (Ant)

Lihat juga...