Taruna Poltek KP Jembrana Diminta Bangkitkan Sektor Perikanan Budidaya

Editor: Makmun Hidayat

BALI — Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajak taruna-taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Jembrana, Bali untuk turut membangkitkan sektor perikanan budidaya sebagai penunjang pariwisata di Pulau Dewata setelah lulus sekolah. 

“Bangkitkan budidaya udang di Jembrana dan jangan dikotomi antar kelompok perikanan, pariwisata dan lainnya,” kata Menteri Edhy saat berdialog dengan taruna-taruni Poltek KP Jembrana, berdasar rilis yang diterima Cendana News, Kamis (12/8/2020).

Dikatakan pendidikan di Poltek KP, bukan hanya sekadar lambang dan ajang gagah-gagahan. Sebaliknya, tempat ini menjadi kawah candradimuka yang mampu mencetak generasi handal di sektor kelautan dan perikanan.

“Tidak banyak yang dapat sekolah sampai Politeknik (KP). Kalian akan menunjukkan kepada masyarakat dan dunia bahwa kalian adalah generasi muda Indonesia yang mampu berkiprah lebih besar lagi,” sambungnya.

Kepada para siswa, Menteri Edhy mengingatkan agar mereka tidak hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil. Terlebih peluang dari sektor yang mereka pelajari menjanjikan sejumlah peluang usaha, baik dari perikanan tangkap, budidaya ikan, pengolahan, maupun pemasaran hasil perikanan.

Menteri Edhy dalam kesempatan itu menyampaikan sejumlah program untuk menampung kreativitas dan inovasi para alumni Poltek KP dengan menyediakan akses pemodalan bagi taruna dan taruni yang telah lulus.

Menteri Edhy menyebut KKP masih memiliki dana bergulir di Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Penyedia Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Selain itu, terdapat akses pemodalan lain yang berasal dari program kredit usaha rakyat (KUR).

Dia berharap, dengan ilmu dan dukungan pemerintah, muncul enterpreneur-entepreneur baru hasil didikan Poltek KP.  “Jadilah pengusaha di sektor kelautan dan perikanan,” tandasnya.

Sebagai informasi, sebelum berdialog dengan para taruna-taruni, Menteri Edhy melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid di Poltek KP Jembrana. Dia pun mengusulkan agar masjid ini nantinya bernama “Nurul Bahari” yang berarti “Cahaya Laut”.

Di Poltek KP Jembrana, Menteri Edhy juga mengikuti demo masak sekaligus mencicipi olahan ikan seperti bakso pop, dendeng ikan lemuru, kaki naga, dan siomay ikan.

Lihat juga...