Tes Swab Massal di Banyumas, 202 Orang Positif Covid-19

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Sampai hari ini, ada 7.607 warga Kabupaten Banyumas yang sudah melakukan swab test, baik dari swab massal maupun reguler. Dari jumlah tersebut, 202 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan swab test massal sampai mencapai jumlah minimal 20.000 orang.

Swab test massal adalah swab yang dilakukan di berbagai lokasi, seperti pasar tradisional, pusat-pusat keramaian serta pada razia masker. Sedangkan swab test reguler merupakan swab yang dilakukan pihak rumah sakit dan swab terhadap kontak dekat sebagai hasil tracing terhadap kasus positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, di kantornya, -Dok: CDN

“Jumlahnya masih lebih banyak swab test massal, karena memang kita lakukan secara terus menerus. Untuk swab massal sampai saat ini sudah mencapai 4.702 orang, dan untuk swab test reguler ada 2.905 orang,” jelasnya, Jumat (7/8/2020).

Untuk jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari swab test massal, ada 89 orang dan dari swab test reguler ada 113 orang. Sehingga total kasus positif ada 202 orang.

Hasil swab test positif dari swab massal, terbilang merata untuk semua kalangan. Mulai dari 8 orang tenaga medis yang dinyatakan positif, terdiri dari tiga orang dokter dan 5 perawat, kemudian 31 pedagang pasar tradisional.

Dari kalangan perkantoran, diketahui 6 orang pegawai Mal Pelayanan Publik (MPP), dua anggota Satpol PP dan 1 pekerja di Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas.

Selain itu, juga ada dari kalangan masyarakat yang terjaring razia masker dan kemudian dilakukan swab test.

Untuk kluster perkantoran Mal Pelayanan Publik dan Satpol PP, sudah selesai. Setelah hasil swab test terhadap pegawai sebanyak masing-masing 100 orang keluar dan semua dinyatakan negatif.

Kepala Satpol PP Banyumas, Imam Pamungkas, mengatakan, setelah dua anggotanya terkonfirmasi positif Covid-19, dilakukan tracing dan 100 orang pegawai di lingkungan Satpol PP dilakukan swab test.

“Hasil swab test terhadap 100 orang anggota Satpol PP sudah keluar, dan alhamdulillah semua dinyatakan negatif,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, pihaknya mentargetkan swab test terhadap minimal 20.000 warga Banyumas, baik dari swab reguler maupun massal.

Untuk mencapai jumlah tersebut, diperkirakan swab test massal masih akan terus dilakukan hingga November mendatang.

“Jumlah penduduk Banyumas sebanyak 1,7 juta, dengan dilakukan swab test terhadap 20.000, maka baru 0,011 persen penduduk yang menjalani swab test,” pungkasnya.

Lihat juga...