Tiga Hari Kedepan, Gelombang Laut di Peraian Aceh Berpotensi Tinggi

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Sultan Iskandar Muda Aceh, Zakaria Ahmad, saat menunjukan citra satelit – Foto Ant

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar meminta, nelayan setempat mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai empat meter.

Gelombang tinggi diprediksi berpotensi terjadi hingga tiga hari mendatang. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Sultan Iskandar Muda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, perubahan cuaca tersebut karena garis angin di Burma sedang ada tekanan rendah.

Dampaknya, ada pergerakan masa udara dari Samudra Hindia menuju ke Burma melalui Aceh. Faktor tersebut menyebabkan gelombang di perairan Samudra Hindia diprediksikan setinggi dua sampai empat meter. Kemudian tinggi gelombang di perairan Barat Selatan dengan ketinggian gelombang laut sampai tiga meter.

Ketinggian ombak yang mencapai empat meter tersebut harus diwaspadai nelayan. Selain tetap waspada juga memastikan perlengkapan keselamatan tersedia di setiap armada nelayan. Selain potensi gelombang, juga diprediksikan sejumlah kabupaten dan kota di Aceh berpotensi mengalami itensitas hujan ringan hingga sedang. Daerah yang berpotensi dilanda hujan sedang adalah, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Aceh Singkil dan Subulussalam. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, juga harus mewaspadai potensi banjir rob, yang dapat disebabkan oleh tingginya gelombang dan pasang purnama. (Ant)

Lihat juga...