Tim SAR Temukan Jenazah Korban Tenggelam di Labuan Bajo

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Pencarian korban tenggelam Anak Buah Kapal (ABK) La Boheme yang tenggelam di perairan Pulau Lasa Taman Nasional Komodo (TNK) Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (28/8/2020) akhirnya membuahkan hasil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, SE, MAP saat ditanyai, Minggu (30/8/2020). Foto : Ebed de Rosary

Korban bernama Ari Romanto berusia 35 tahun terjatuh dari sekoci sekitar pukul 18.00 WITA dan terdengar oleh para kru kapal yang sedang berada di atas kapal tersebut.

“Proses Operasi SAR hari ke tiga memberangkatkan Search and Rescue Unit (SRU) dan On Scene Coordinator (OSC) yang terlibat di lapangan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, Flores, NTT, I Putu Sudayana, SE, MAP, Minggu (30/8/2020).

Putu mengatakan, pencarian hari ketiga SRU dibagi 4 Tim, dimana SRU Pertama terdiri dari Rescuer Pos SAR Manggarai Barat dengan menggunakan satu buah RIB 500 PK sementara SRU kedua, terdiri dari Polair Polda NTT dengan menggunakan satu buah speed boat.

Ia menambahkan, SRU ketiga terdiri dari petugas Taman Nasional Komodo dengan peralatan satu unit speed boat dan SRU keempat terdiri dari nelayan yang berasal dari kampung Komodo.

“Di samping melaksanakan pencarian di atas air, Tim SAR Gabungan juga melaksanakan penyelaman di bawah air,” jelasnya.

Putu menyebutkan, atas doa dan upaya oleh seluruh personil yang terlibat pada Operasi SAR ini, tepat pada pukul 15.03 WITA korban berhasil ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi kejadian dalam keadaan meninggal dunia.

Ditambahkannya, korban ditemukan oleh tim penyelam yang terdiri dari Persatuan Penyelam Profesional Komodo dan Rescuer Pos SAR Manggarai Barat di atas permukaan air. Ia sebutkan, setelah ditemukan oleh Tim SAR Gabungan, korban langsung dibawa ke RSUD Labuan Bajo.

“Saya selaku Kepala Kantor dan SMC SAR Mission Coordintor (SMC) mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil Tim SAR Gabungan yang telah terlibat dari hari pertama hingga hari ke tiga,” ucapnya.

Putu mengatakan, semoga tugas-tugas kemanusiaan yang dilaksanakan semua anggota Tim SAR Gabungan diberikan pahala yang baik dari Tuhan yang Maha Kuasa dan ia meminta agar semua anggota terus bersinergi melaksanakan misi kemanusiaan.

“Kami keluarga besar Kantor SAR Maumere dan Tim SAR Gabungan turut berbela sungkawa kepada keluarga korban, semoga keluarga diberikan ketabahan dan amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya,” pungkasnya.

Lihat juga...