Tundukkan Napoli 3-1, Barcelona Rebut Tiket Delapan Besar Liga Champions

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, berusaha mengejar umpan yang dikirimkan kepadanya pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Napoli yang dimainkan di Stadion Nou Camp, Barcelona, Sabtu (8/8/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Barcelona sukses mengamankan tiket perempat final Liga Champions, setelah menundukkan Napoli 3-1, dalam pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8/2020) waltu setempat atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Barca mengantungi keunggulan agregat 4-2, dan selanjutnya akan berhadapan dengan wakil Jerman Bayern Munich, yang bermain di waktu bersamaan. Keempat gol dari kedua tim, tercipta pada babak pertama. Gol bek Clement Lenglet (10′) membawa tuan rumah memimpin. Kemudian gol Lionel Messi (23′) dan penalti Luis Suarez (45+1), menambah keunggulan Blaugrana. Sedangkan, gol semata wayang Napoli dibukukan melalui penalti Lorenzo Insigne (45+5).

Napoli sejak awal pertandingan langsung mengambil inisiatif serangan. Sepakan Dries Mertens sempat mengancam gawang tuan rumah, sebelum kemudian bola hanya mengenai sisi luar tiang gawang Marc-Andre ter Stegen.

Barca balas mengancam, kali ini sepakan Messi dari bola operan Jordi Alba masih membentur pemain Napoli, dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Dari bola tendangan sudut, Barca mampu memecah kebuntuan melalui tandukan Clement Lenglet. Keunggulan 1-0 tidak membuat Barca puas. Gelandang Ivan Rakitic kemudian melepaskan sepakan jarak jauh yang melebar.

Pada pertengahan babak kedua, Barca menggandakan keunggulan melalui upaya cemerlang Messi. Bintang Argentina itu meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Napoli, menusuk ke kotak penalti meski dikawal banyak pemain, dan kemudian melepaskan sepakan penyelesaian mencetak gol sambil menjatuhkan diri.

Tidak lama berselang, Messi membobol gawang Napoli untuk kedua kalinya. Ia menerima umpan dari Frenkie De Jong, mengontrol bola, dan menyepaknya ke gawang David OSpina. Tetapi, gol itu tidak disahkan wasit Cuneyt Cakir, karena dari tinjauan VAR, tangan Messi sempat mengenai bola.

Menjelang turun minum, tercipta gol dari titik penalti bagi kedua tim. Barca terlebih dahulu mendapatkannya saat Kalidou Koulibaly dinyatakan melanggar Messi di kotak terlarang. Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Luis Suarez untuk mengemas gol ketiga Barca. Sementara itu, Napoli memperkecil ketertinggalan melalui penalti yang didapat beberapa saat kemudian. Ivan Rakitic menjatuhkan Dries Mertens di kotak terlarang. Lorenzo Insigne yang menjadi algojo sukses melakukan tugasnya untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Pada babak kedua Napoli lebih banyak menguasai permainan. Mereka bahkan mendominasi penguasaan bola dengan catatan 53 persen berbanding 47 persen. Pelatih Napoli, Gennaro Gatusso, melakukan total lima pergantian pemain pada babak kedua. Sayangnya meski mendominasi permainan dan mampu memaksa Barca lebih banyak bertahan, Partenopei gagal menambah gol akibat kesulitan menciptakan peluang.

Satu peluang bagus dimiliki Napoli menjelang pertandingan usai, saat Hirving Lozano menanduk bola umpan silang Matteo Politano. Namun bola masih membentur tiang gawang. Sedangkan gol dari sundulan pemain pengganti Arkadiusz Milik tidak disahkan wasit karena ia terlebih dahulu berada dalam posisi offside. (Ant)

Lihat juga...