Walkot Bekasi: Pramuka Tangguh Hadapi Segala Jenis Wabah 

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyebutkan, anggota Pramuka harus berani paling depan dalam menghadapi segala jenis wabah maupun bencana sosial.

Hal tersebut disampaikan Rahmat Effendi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang, saat memberi semangat dalam apel bersama Praja Muda Karana (Pramuka) ke-59 Kwartir Kota Bekasi, Jawa Barat, bertempat di GOR Stadion Chandrabaga, Jumat (14/8/2020).

Hari jadi Pramuka ke-59 kali ini, mengambil tema “Terdepan dan Bergerak, Menjadi Penyemangat Baru di Tengah Pandemi Covid-19”. Jargon itu memaknai Pramuka hari terdepan tangguh dalam menghadapi wabah dan bencana.

Dikatakan Kakak Rahmat Effendi, meski di tengah pandemi Covid-19  ada semangat baru bagi seluruh pengurus beserta dewan pembina yang mengenakan baju Pramuka karena akan disinergikan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi.

“Semua organisasi sosial yang tergabung akan turun untuk membantu dalam pencegahan pergerakan Covid-19 di Kota Bekasi,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengapresiasi seluruh anggota yang aktif dalam proses bantuannya di Kota Bekasi, menjadi garda penolong di saat pandemi.

Pramuka tegasnya harus terus di garis terdepan, oleh karena itu harus didorong dengan keyakinan yang kuat dan harus bisa bersinergitas kepada organisasi sosial lainnya untuk tergabung dalam memerangi pandemi di Kota Bekasi.

Menurutnya semua  berharap penyebaran wabah ini selesai sesegera mungkin. Sehingga semua sektor kembali normal. Ia juga menyinggung terkait  sekretariat Pramuka Kota Bekasi akan tetap ditempat semula.

Rahmat Effendi,  mengharapkan  tiap kwartir cabang Kecamatan di 12 Kecamatan, agar mencari lahan Fasos Fasum untuk sekretariat Pramuka di tingkat Kecamatan.

“Saya mengajak semua pengurus Pramuka di Kota Bekasi terus sebagai garda terdepan dalam  mensosialisasikan tentang protokol kesehatan. Pandemi Covid-19 belum bisa dikatakan selesai 100 persen,”tandasnya.

Terpisah Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengajak seluruh anggota Pramuka berperan aktif dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19. Pramuka sudah terlatih untuk berjiwa sosial terus kembang.

“Ayo adik-adik ku sekalian, praktikan di lapangan apa yang didapatkan dalam organisasi Pramuka, untuk membantu di lapangan dalam segi apa pun. Pramuka tangguh dan terdepan dalam membantu masyarakat,” tukasnya.

Peringatan hari Pramuka ke-59 di Kota Bekasi tahun ini digelar secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Lihat juga...