‘Winterplex’ Mampu Bedakan Covid-19 dan Influenza

Seorang anggota staf gawat darurat, memakai alat pelindung diri (APD) dan masker pelindung, melakukan tes swab nasal kepada seorang pasien di sebuah lokasi tes untuk penyakit virus korona (Covid-19) di dalam sebuah gimnasium L'Huisserie, di dekat Laval, di departemen Mayenne, Prancis, Rabu (15/7/2020). -Ant/Reuters

PARIS – Perusahaan yang berfokus pada diagnosa klinis, Novacyt, meluncurkan sebuah pengujian untuk membedakan antara Covid-19 dan penyakit umum selama musim dingin. Perusahaan yang berbasis di Prancis itu merupakan satu dari banyak perusahaan perawatan kesehatan, yang sahamnya meningkat signifikan selama pandemi.

Novacyt mengatakan, panel uji “Winterplex” miliknya mencakup dua target gen khusus untuk Covid-19, serta target gen untuk influenza A&B dan respiratory syncytial virus (RSV).

“Kami yakin, Winterplex menjadi salah satu panel uji pernapasan pertama yang disetujui di dunia, yang mampu membedakan antara Covid-19 dan penyakit pernapasan umum lainnya,” kata CEO Novacyt, Graham Mullis.

Novacyt mengatakan, bahwa produk baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan utama. Saham Nocacyt yang terdaftar di Paris naik sekitar 6 pecyt

rsen pada perdagangan pagi, dengan harga saham melonjak sekitar 1.900 persen sejak awal 2020.

Panel uji pernapasan reaksi berantai polimerase (PCR) baru Novacyt, merupakan satu dari banyak produk jenis PCR yang sudah berada di pasaran, yang digunakan untuk mendiagnosa keberadaan Covid-19.

Tes PCR merupakan metode tes Covid-19 yang dipilih di banyak negara. Tes tersebut mendeteksi kehadiran virus Corona dengan memperkuat materi genetiknya ke suatu titik, di mana dapat ditemukan oleh para ilmuwan. (Ant)

Lihat juga...