Wisatawan Kunjungi Pantai Puri Dewata Wajib Gunakan Masker

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Wisatawan yang berkunjung ke pantai Puri Dewata diwajibkan memakai masker.

I Made Ardana, Kepala Desa Tridharmayoga, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut libur panjang Iduladha 1441 Hijriah dimanfaatkan warga untuk berlibur. Dibukanya objek wisata bahari tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) cegah Covid-19.

Petugas perlindungan masyarakat (Linmas), pengelola objek wisata dan Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Ketapang dilibatkan dalam pendisiplinan prokes. Akses masuk destinasi wisata bahari di Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalinsum) ke lokasi sejauh ratusan meter telah dijaga petugas. Petugas di gerbang masuk menurutnya akan ketat mengharuskan pengunjung memakai masker.

Bagi wisatawan yang tidak membawa masker dianjurkan memakai masker. Selain ketegasan memakai masker wisatawan diwajibkan mencuci tangan di lokasi yang disediakan dan dilarang berkerumun. Sebagai objek wisata alam yang ramai dikunjungi I Made Ardana menegaskan pendispilinan prokes tetap diterapkan.

“Jangan sampai kelonggaran dalam kegiatan wisata justru menjadi lokasi penularan Covid-19 sehingga prokes harus diperketat dengan melibatkan petugas dari desa dengan penjagaan berlapis, jika tidak pakai masker mohon maaf kami persilakan mencari masker terlebih dahulu,” terang I Made Ardana saat ditemui Cendana News, Sabtu (1/8/2020).

Pendisiplinan protokol kesehatan menurut I Made Ardana dilakukan sebab sebagian pengunjung merupakan anak-anak. Bagi wisatawan yang menikmati suasana pantai diwajibkan tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain. Sebab saat libur panjang Iduladha wisatawan yang datang selain domestik dari wilayah Lamsel sebagian dari Lampung Timur.

Petugas Linmas dan pengelola objek wisata pantai Puri Dewata juga melakukan pemantauan aktivitas wisatawan. Sebab kondisi pantai yang dangkal dan berombak tenang cocok untuk kegiatan berenang bagi anak-anak dengan pengawasan orang tua. Sebagian wisatawan yang melakukan kegiatan bakar ikan, daging di pantai harus mematikan bekas pembakaran.

“Saat ini memasuki musim kemarau jangan sampai bara api yang digunakan tidak dimatikan karena berpotensi menyebabkan kebakaran,” cetusnya.

Hasanah, salah satu wisatawan asal Bangunrejo menyebut pantai Puri Dewata jadi destinasi favorit. Lokasi terdekat dari rumah menurutnya jadi pilihan untuk rekreasi bersama keluarga.

Hasanah (kanan) dan sejumlah pengunjung memanfaatkan liburan akhir pekan Iduladha 1441 H di pantai Puri Dewata, Desa Tridharmayoga, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Sabtu (1/8/2020) – Foto: Henk Widi

Liburan Iduladha menjadi kesempatan untuk merekatkan kebersamaan dengan kerabat yang lain. Sebab ia membawa bekal makanan dari rumah yang disantap bersama di tepi pantai.

“Kami membawa daging kurban yang belum sempat diolah untuk dibakar menjadi sate untuk acara makan bersama,” paparnya.

Hasanah menyebut semua anggota keluarganya telah membawa masker. Penerapan prokes yang wajib dilakukan menurutnya sudah menjadi kebiasaan baru. Setiap akan bepergian keluar rumah dan ke tempat umum ia memastikan selalu memakai masker, membawa hand sanitizer.

Kunjungan ke pantai Puri Dewata saat libur hari kedua Iduladha memberi hasil bagi pelaku usaha di pantai tersebut. Sejumlah penyedia wahana permainan, pedagang makanan dan minuman ringan memanfaatkan ramainya kunjungan ke pantai. Nyoman Subawe, salah satu pemilik warung menyebut menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan.

“Selama masa pandemi Covid-19 objek wisata pantai sempat ditutup tapi setelah dibuka minat masyarakat berwisata cukup tinggi,” cetusnya.

Nyoman Subawe menyebut prokes bagi pedagang tetap diterapkan. Semua pedagang dan penyewa ban serta permainan anak-anak diwajibkan menyiapkan tempat cuci tangan. Meski jaga jarak di objek wisata pantai tersebut sulit dilakukan sebagian pengunjung memilih menerapkan disiplin prokes swadaya dengan memakai baju lengan panjang, memakai hand sanitizer.

Desfi, anggota Satpol PP Kecamatan Ketapang mengaku bersama Pemdes Tridharmayoga tetap mendisiplinkan wisatawan. Sejumlah wisatawan yang tidak memakai masker dianjurkan memakainya dan telah disediakan masker untuk dibeli.

Selain mendisiplinkan prokes, Satpol PP juga ikut menjaga keamanan di lokasi objek wisata bahari tersebut agar wisatawan nyaman menikmati liburan.

Lihat juga...