38.415 Penduduk Kebumen Sudah Jalani ‘Rapid’ dan ‘Swab Test’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Kabupaten Kebumen termasuk salah satu kabupaten yang sangat gencar melakukan rapid dan swab test terhadap penduduk. Sampai saat ini tercatat sudah 38.415 penduduk Kabupaten Kebumen yang sudah menjalani rapid dan swab test. Total jumlah penduduk Kabupaten Kebumen sekitar 1,2 juta.

Dampak dari masifnya rapid dan swab test tersebut adalah terjadi lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan. Setelah kemarin kasus positif bertambah 30 orang, hari ini Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen mencatat ada penambahan 10 kasus baru.

“Hari ini dari hasil swab test yang kita terima ada penambahan kasus positif baru sebanyak 10 orang. Dan semuanya merupakan keluarga atau kontak dekat dengan kasus positif Covid-19 sebelumnya, sehingga 10 kasus positif ini merupakan hasil dari tracking kita,” kata Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto, Selasa (8/9/2020).

Dari 10 penambahan kasus baru Covid-19 tersebut, tiga di antaranya merupakan anak-anak. Yaitu KAR balita usia 3 tahun yang berjenis kelamin perempuan, kemudian UR usia 11 tahun laki-laki dan ADA usia 15 tahun, laki-laki. Sedangkan lainnya merupakan warga usia lanjut.

“Salah satu pasien positif Covid-19, MAR (86), perempuan memiliki riwayat kontak dengan anaknya yang baru datang dari Purwokerto. Ini berbeda dengan pasien positif lainnya, HS (77), laki-laki yang sama sekali tidak mempunyai riwayat perjalanan keluar kota dan tidak melakukkan kontak dengan pendatang,” terangnya.

Selain penambahan 10 kasus positif baru, Tim Gugus Tugas juga mencatat penambahan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

Ada satu orang, yaitu WAR usia 57m laki-laki. Menurut Cokro Aminoto, WAR memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kebumen, namun sebenarnya ia sudah lama menetap di Jakarta. WAR pulang ke Kebumen beberapa waktu lalu dan sudah dalam kondisi sakit. Ia kemudian menjalani perawatan di Rumah Sakit Margono Soekardjo Purwokerto, karena anaknya berada di Banyumas.

“Hari ini kami mendapat kabar saudara WAR meninggal dunia dan ia dimakamkan di Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas,” kata Cokro.

Dengan adanya penambahan 10 kasus positif baru dan satu pasien positif meninggal dunia, maka sampai dengan hari ini total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen mencapai 258 orang. Dengan perincian sebanyak 83 orang masih dalam perawatan, 7 orang meninggal dunia dan 168 orang dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, dr. Dwi Budi Satrio, mengatakan, untuk rapid test sudah diikuti oleh sebanyak 35.107 warga Kabupaten Kebumen. Sedangkan untuk swab test sudah dilaksanakan terhadap 3.328 warga Kebumen.

“Jika dipersentase, untuk yang rapid test sudah mencapai 2,7 persen dan yang swab test sudah 0,27 persen. Saat ini kita masih terus melakukan swab test, terutama terhadap para kontak dekat dengan pasien positif,” jelasnya.

Lihat juga...