Alpukat Bukit Candi Ditetapkan Varietas Unggulan Kobar

PANGKALAN BUN — Pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, memiliki tanaman varietas unggul pertanian yakni Alpukat Bukit Candi yang sudah terdaftar secara resmi di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, mengatakan buah varietas unggul Alpukat Bukit Candi itu memiliki sertifikat dengan nomor : 1391/PVL/2020 dan telah diserahkan kepala UPT Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalteng.

“Saya yang menerima langsung sertifikat varietas unggulan tersebut, Jumat (11/9). Dengan adanya sertifikat ini, semakin menguatkan keinginan saya selama ini agar varietas unggulan pertanian di Kabupaten Kobar terus bertambah,” katanya di Pangkalan Bun, Selasa (15/9/2020).

Adapun karakteristik Alpukat Bukit Candi ini memiliki ukuran agak membulat dan jauh lebih besar daripada varietas lainnya. Sedangkan untuk rasa, alpukat ini lebih gurih serta berdaging buah yang tebal.

Dengan besarnya ukuran buah, maka untuk mencapai bobot 1 kilogram, hanya dibutuhkan dua buah alpukat ukuran sedang bahkan ada beberapa buah yang beratnya lebih dari setengah kilogram per biji.

Nurhidayah mengatakan keberadaan sertifikat varietas unggulan ini penting, namun jauh lebih penting bagaimana itu bisa memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat. Untuk itu, pemerintah kabupaten akan terus berupaya memfasilitasi para petani mengembangkan hasil pertanian.

“Kami dari pemerintah kabupaten pun akan terus gali varietas unggul lainnya untuk bisa dilestarikan dan dikembangkan,” kata dia.

Dia berharap masyarakat yang mendapatkan sertifikat Alpukat Bukit Candi sebagai varietas unggulan, dapat membantu dan membimbing siapapun yang berkeinginan menanam. Sebab, dengan bimbingan tersebut, orang-orang akan semakin banyak merasakan manfaat dari hadirnya alpukat Bukit Candi tersebut. (Ant)

Lihat juga...