Aparat Keamanan di Sikka Diminta Beri Arahan Protokol Kesehatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Meskipun telah memasuki zona hijau selama 2 bulan lebih dan memasuki era kenormalan baru (new normal) namun banyak warga Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih belum memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk itu Wakil Bupati Sikka, NTT, meminta kepada segenap aparat keamanan agar memberikan pengarahan dan melakukan sosialisasi soal penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Saya mengharapkan aparat keamanan agar dapat menyosialisasikan kepada masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pinta Wakil Bupati Sikka, NTT, Romanus Woga, Kamis (10/9/2020).

Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, yang ditemui usai kegiatan pembagian masker kepada pengendara di Kota Maumere, Kamis (10/9/2020). Foto: Ebed de Rosary

Romanus minta agar aparat keamanan memberikan motivasi dan pengarahan kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan sehingga bisa membantu pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Ia sebutkan, situasi nasional terkait kasus Covid-19 terus meningkat jumlahnya terutama di Provinsi DKI Jakarta yang kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga harus ditingkatkan kewaspadaan.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan sebab saat ini saja masih ditemukan masyarakat Kabupaten Sikka yang tidak mau menggunakan masker dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Untuk itu sebut Romanus, hari ini Kamis (10/9/2020) dilaksanakan pembagian masker kepada masyarakat yang dilaksanakan di beberapa lokasi keramaian, seperti di Pasar Alok, Pasar Tingkat, depan mall Barata, dan Terminal Madawat di Kota Maumere.

Ia meminta penerapan protokol kesehatan harus diperketat sebab situasi internasional saat ini terdapat 50 negara yang telah melarang warga negara Indonesia untuk masuk ke negaranya.

“Sebelumnya Kabupaten Sikka termasuk zona merah dengan total 28 kasus terkonfirmasi Covid-19 dan sekarang sudah dinyatakan sembuh sehingga berhasil menjadi zona hijau. Ini harus dipertahankan terus,” harapnya.

Warga Maumere, Yeremias Ardi saat ditemui di lokasi pembagian masker depan mall Barata meminta agar pemerintah menerapkan aturan ketat dan pemberlakuan sanksi kepada masyarakat yang tidak mengenakan masker saat ke luar rumah.

Menurut Ardi, banyak sekali generasi muda termasuk anak-anak sekolah yang berkeliaran di jalan raya tanpa mengenakan masker dan masih ada kegiatan pesta yang belum menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pemerintah harus mengambil tindakan tegas terhadap masyarakat yang tidak mengenakan masker saat berkeliaran di luar rumah. Harus ada patroli dan pelanggar aturan langsung dikenai sanski atau hukuman,” harapnya.

Disaksikan Cendana News, aparat gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait terlihat melakukan razia terhadap masyarakat yang melintasi jalan negara Trans Flores depan mall Barata di Kota Maumere.

Banyak pengendara sepeda motor yang dihentikan dan pengendaranya langsung dipakaikan masker secara benar dan diberi teguran agar selalu mengenakan masker bila beraktivitas di luar rumah.

Lihat juga...