Banjir Landa Sembilan Titik Lokasi di Kota Padang

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Banjir dan longsor melanda Kota Padang, Sumatera Barat sejak jelang subuh pada Kamis (10/9/2020). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan ada 9 titik terjadi banjir dan genangan air.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, menjelaskan berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Pusdalops PB dari masyarakat melalui radio komunikasi dan telpon serta pengamatan secara visual dan jajaran BPBD Kota Padang, didapat informasi kondisi di Kota Padang hingga pagi ini.

Menurutnya hal itu disebabkan adanya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang sejak pukul 00.30 WIB.

Adapun Informasi Banjir dan Genangan Air di Padang yakni Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Perumahan Bungus Jurai Permai, Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungtekab, Kota Padang.

Lalu juga ada di Kelurahan Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang. Simpang 6 Pondok genangan air setinggi betis (40 cm). Parak Rumbio genangan air setinggi lutut (50 cm). Jalan Batuang Taba Kelurahan Arai Pinang genangan setinggi 50 cm.

Selanjutnya di Jalan By Pass simpang 4 Lubeg genangan air setinggi 40 cm. Skep dekat Kantor Koramil Mata Air ketinggian air mencapai 80 cm. Banuaran belakang Masjid Muhalimin Rt 02 genangan air memasuki rumah warga.

“Tidak hanya terjadi banjir, tapi juga ada pohon kayu tumbang yakni di Jalan Baru arah ke Pantai Air Manis. Di sana telah ada petugas kita,” ujar Sutan melalui pesan singkatnya, Kamis (10/9/2002).

Selain itu BPBD juga mendapatkan informasi bahwa ada terjadi longsor seperti di jalan Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung. Sampai saat ini longsor di Kelok Jariang itu sampai saat ini belum bisa dibuka.

Ia menyebutkan untuk hal itu, BPBD Padang telah mengkoordinasikan dengan BPBD Sumbar agar menurunkan alat berat melakukan pembersihan material.

Di Bungus itu ada dua titik longsornya. Selain di Kelok Jariang juga ada di dekat Mushola menjelang ke arah Mercusuar.

“Saya kepada masyarakat untuk tetap tenang dan siaga, karena saat ini curah hujan yang mengguyur Kota Padang masih cukup tinggi,” kata Sutan.

Longsor tidak hanya terjadi di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung saja, tetapi juga terjadi di Jalan Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis dan jalan itu merupakan jalan lama serta jalan baru menuju Pantai Air Manis.

“Di sana juga terjadi pohon kayu tumbang, kita tengah melakukan pembersihan kayu sampai saat ini,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Padang, Milna, mengatakan kejadian masuknya air ke dalam rumahnya pada subuh tadi itu sungguh lah mengejutkan. Karena tidak biasanya hal itu terjadi, dan ia pun mengakui bahwa hujan yang turun di Padang cukup lebat.

“Hujan memang turun cukup lebat (intensitas tinggi) sejak tengah malam. Sekarang air sudah mulai surut,” jelasnya.

Lihat juga...