Basarnas Kerahkan Tim Pencarian Mahasiswi Tersapu Ombak Pantai Logending

Editor: Koko Triarko

KEBUMEN – Ika Listiyani (20), warga Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas yang merupakan mahasiswi salah satu universitas swasta di Kota Purwokerto, tersapu ombak saat sedang asyik berswafoto di Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Sabtu (12/9/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau yang lebih dikenal Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Logending, Kebumen terkait kejadian tersebut, dan langsung memberangkatkan tim untuk membantu pencarian korban.

“Saya mendapat informasi dari Polairud Logending, Bripka Sumaji, ada mahasiswa yang tersapu ombak dan belum ditemukan sampai saat ini, kejadiannya sekitar pukul 11.40 WIB. Dan, kita langsung berangkatkan tim untuk membantu pencarian korban,” katanya, Sabtu (12/9/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau yang lebih dikenal Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya di kantornya, Sabtu (12/9/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut I Nyoman Sidakarya menjelaskan, awalnya korban bertemu dengan temannya, Ashar (25), warga Kroya, Kabupaten Cilacap. Keduanya bertemu di Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, lalu mereka sepakat untuk mengunjungi Pantai Logending.

“Korban berangkat berdua dengan saksi, menggunakan sepeda motor, berboncengan,” jelasnya.

Menurut keterangan Ashar, mereka sampai di pantai sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah berkeliling pantai, keduanya lalu bermain di tepi pantai. Korban kemudian mencari lokasi swafoto, tetapi masih tetap di tepi pantai. Namun, saat sedang asyik berswafoto, tiba-tiba datang ombak besar yang langsung menyeret korban.

Melihat kejadian tersebut, Ashar langsung melapor ke pihak berwajib, karena ia tidak mungkin untuk menolong korban sendirian.

“Kejadiannya begitu cepat, air laut yang biasa saja, tiba-tiba ada ombak besar sampai ke sisi pantai dan teman saya terbawa ombak tersebut,” tutur Ashar, yang merupakan salah satu tenaga medis di Puskesmas Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.

Basarnas Cilacap lagsung memberangkatkan satu regu, lengkap dengan berbagai peralatan pencarian untuk operasi SAR bersama dengan tim lain yang sudah berada di lapangan, seperti Polairud Logending, Pos AL Logending, Polsek Ayah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, PMI Kebumen dan lain-lain.

I Nyoman Sidakarya mengatakan, selain korban mahasiswi yang tenggelam hari ini, pihaknya juga masih berupaya mencari nelayan yang tenggelam di Pantai Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Hari ini merupakan hari ke lima hilangnya nelayan tersebut.

“Kita meminta kepada seluruh masyarakat jika hendak berwisata ke laut, berhati-hatilah, karena sewaktu-waktu masih terjadi ombak besar,” pungkasnya.

Lihat juga...