Bersihkan Sungai, Sanksi tak Pakai Masker di Solo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SOLO – Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri untuk bisa menertibkan warganya agar taat menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi covid 19. Salah satunya dengan memberikan sanksi sosial berupa membersihkan sungai yang ada di tengah Kota Solo.

Hal inilah yang diungkapkan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat pemberian masker secara gratis kepada warga Solo sebagai tindak lanjut program nasional pencegahan terhadap penyebaran virus covid 19. Walikota yang terjun langsung kepada pedagang Pasar Gedhe Solo ini berpesan agar semua lapisan masyarakat taat terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Siapa saja yang kedapatan keluar rumah akan dikenai sanksi membersihkan sungai selama 15 menit. Siapapun itu, baik TNI, Polri, ASN maupun masyarakat umum. Sanksi ini diberlakukan biar masyarakat sadar akan pentingnya jaga jarak dan penggunaan masker,” kata orang nomor satu di Kota Bengawan tersebut, Jumat (11/9/2020).

Teknik penegakan sanksi sosial ini dipelopori oleh Satpol PP Kota Solo sebagai aparat penegak perda. Jika kedapatan melanggar, yakni tidak menggunakan masker saat keluar rumah dikumpulkan di kantor Satpol PP. Selanjutnya, setelah terkumpul  bersama-sama turun ke sungai untuk membersihkan sungai.

“Ada beberapa sungai dan saluran drainase yang bisa digunakan untuk lokasi bersih-bersih ini. Seperti Kali Pepe, saluran drainase jalan Dr Soepomo, maupun kawasan Stadion Sriwedari. Warga yang tertangkap lebih satu kali  dikenai sanksi membersihkan sungai lebih lama ketimbang yang baru satu kali tertangkap petugas,” tambah pria yang akrab disapa Rudy.

Dengan adanya penerapan sanksi bagi yang tidak memakai masker, Pemkot Solo juga telah menyiapkan sejumlah peralatan pendukung. Hal ini untuk melancarkan tugas membersihkan sungai.

“Peralatan pendukungnya telah kita siapkan. Misalnya untuk mengambil sampah atau membersihkan sedimentasi saluran air. Seperti skop, cangkul maupun alat bersih-bersih lainnya,” urainya.

Penerapan sanksi sosial dengan membersihkan sampah selain mampu menimbulkan efek jera, juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya membantu petugas kebersihan Solo untuk turut serta membersihkan saluran drainese dan sungai agar sampah yang ada semakin hilang dan bau yang tak sedap akibat sampah juga dapat diminimalisir.

“Sanksi ini juga bisa mengurangi risiko banjir dan bau yang tak enak. Harapannya lingkungan bisa semakin bersih, terutama sungai dan saluran drainase,” tandasnya.

Lihat juga...