Brooklyn Nets Gandeng Steve Nash jadi Pelatih

JAKARTA  – Brooklyn Nets mengumumkan Steve Nash sebagai pelatih kepala ke-23 dalam sejarah tim NBA itu.

“Setelah pertemuan dengan sejumlah calon pelatih berprestasi besar dari berbagai latar belakang, kami tahu kami harus membuat keputusan yang sulit,” kata General Manager Sean Marks dalam laman NBA, Kamis.

“Pada diri Steve kami melihat seorang pemimpin, komunikator dan mentor yang akan mendapatkan respek dari pemain. Kami dengan gembira menyatakan selamat datang Steve,” sambung Marks.

Nets juga mengumumkan bahwa Jacque Vaughn akan kembali ke Brooklyn sebagai asisten pelatih.

Nash bergabung dengan Nets menyusul lima musim sebagai konsultan pengembangan pemain bersama Golden State Warriors di mana dia turut menyumbangkan dua cincin gelar juara NBA dan empat kali berturut-turut ke Final NBA.

“Kami dengan gembira menyambut Steve masuk keluarga besar Nets,” kata Gubernur Nets Joe Tsai.

Delapan kali menjadi pemain All-Star NBA, Nash bermain 18 musim bersama Phoenix Suns, Dallas Mavericks dan Los Angeles Lakers.

Dia berturut-turut memperoleh anugerah MVP pada 2005 dan 2006 saat bermain dengan Suns sehingga menjadi pemain kesepuluh dalam sejarah NBA yang mendapatkan penghargaan itu berturut-turut.

Lima kali menjadi juara assist, Nash berada pada urutan ketiga dalam sejarah NBA dengan 10.335 assist sepanjang kariernya dan pada 2018 dimasukkan ke Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

“Saya merasa terhormat mendapatkan kesempatan ini bersama dengan organisasi kelas pertama seperti ini dan berterima kasih kepada Sean, Joe dan istrinya, Clara, karena menaruh kepercayaan kepada kemampuan saya untuk memimpin tim ini ke depan,” kata Nash. (Ant)

Lihat juga...