Buah Melon, Kaya Vitamin dan Menyegarkan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Buah melon (Cucumis melo L) menjadi salah satu buah segar alternatif untuk dikonsumsi segar, atau menjadi olahan jus, es buah, es krim dan berbagai jenis puding. Selain kaya vitamin, teksturnya yang lembut membuat buah ini banyak disukai.

Novita, petani di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, menyebut derajat rasa manis buah melon atau level brix meningkat kala kemarau. Penyediaan pasokan air untuk penanaman melon memanfaatkan mesin sedot, sehingga tanaman miliknya tetap produktif.

Permintaan buah melon, menurutnya cukup tinggi berasal dari Bogor, Jawa Barat dan lokal Lampung. Ia memilih menanam varietas Alina F1 dengan ciri kulit dilapisi jaring.

Selain melon jenis alina, varietas yang kerap dibudidayakan petani merupakan jenis sky rocket, golden, rocky dan honey. Varietas buah melon yang beragam dengan tingkat rasa manis, tekstur menjadi alternatif untuk dinikmati dalam kondisi segar. Ditanam dalam waktu kurun 72 hari siap panen, buah melon dijual di pasar tradisional dan pasar modern.

Novita, petani di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (19/9/2020). -Foto: Henk Widi

“Buah segar jenis melon saat kemarau banyak ditanam petani sebagai tanaman hortikultura penyelang, karena tingkat kebutuhan air tetap bisa dimaksimalkan untuk menanam buah yang bisa dipanen singkat,” terang Novita, Sabtu (19/9/2020).

Sebagai bahan baku sejumlah kuliner berupa makanan dan minuman, melon cukup diminati. Novita menyebut permintaan buah melon seiring dengan suhu udara panas imbas kemarau. Panen secara bertahap, ia mengirim  2 ton ke Bogor untuk kebutuhan pedagang buah dan minuman. Sebagian dibuat menjadi keripik melon sebagai varian makanan kekinian.

Manisnya rasa melon jenis sky rocket, menurutnya cukup menguntungkan. Dengan masa tanam singkat, buah melon bisa ditanam secara terjadwal. Ia memilih menanam melon varietas alina, sky rocket dengan tiga jadwal panen. Tahap pertama, buah melon bisa dipanen saat tahap ke dua masuk masa penuaan dan tanaman tahap ke tiga masuk masa berbunga.

“Selama tiga bulan proses pemenan berlangsung terus, sehingga pasokan pengecer bisa selalu dipenuhi,” terangnya.

Jenis buah sky rocket, menurutnya cukup unik. Bentuknya bulat, kulit buahnya tebal, memiliki warna hijau pada permukaannya. Permukaan kulit buah melon ditutupi sisik seperti jaring. Warna daging buah yang kuning dan rasa manis kerap disukai pelanggan. Di sejumlah tempat usaha kuliner, melon tersebut sering disantap dalam kondisi segar, atau diolah menjadi jus dan minuman dingin.

Kandungan air yang banyak,v itamin A, C , E dan K dan gizi yang baik membuat buah itu dipilih masyarakat. Nutrisi yang cukup baik menjadi pilihan bagi anak-anak yang menyukai buah segar. Penanaman buah melon, menurut Novita menjadi bagian dari program kampung tangguh nusantara untuk swasembada buah. Dijual seharga Rp5.000 hingga Rp10.000 per kilogram melon bisa mencapai 3 kilogram per buah.

Theresia, warga desa Pasuruan, menyebut buah melon menjadi alternatif untuk asupan vitamin C. Bagi anak-anak, buah melon kerap disajikan dalam kondisi segar dan dibuat menjadi jus buah. Pilihan jenis melon sky rocket yang dibeli per kilogram seharga Rp10.000, cocok untuk anak-anak. Rasa manis dengan tekstur lembut menjadi pilihan untuk konsumsi saat kemarau.

“Daripada minum es yang berpotensi menyebabkan batuk, pilek, konsumsi buah melon segar cocok untuk anak,” cetusnya.

Mengonsumi buah melon segar, disebutnya akan meminimalisir dehidrasi atau kekurangan zat cair. Mengonsumsi melon saat kemarau, buah melon bisa diolah menjadi bahan campuran salad buah. Pembuatan salad buah dengan bahan campuran mayonaise, susu, keju dan buah lain menjadi kesukaan anak-anak.

Stevany memilih membeli melon jenis sky rocket dan golden. Kedua jenis melon tersebut akan digunakan untuk pembuatan salad buah. Harga melon golden Rp13.500, menurutnya cukup terjangkau saat ia membelinya di sebuah superstore. Pilihan buah melon yang segar, menjadi bahan kuliner untuk varian konsumsi buah. Buah segar sekaligus menjadi menu diet baginya yang ingin menurunkan berat badan karena mengurangi nasi.

Lihat juga...