Checkpoint Covid-19 di Ttrenggalek Akhirnya Ditutup

Petugas memeriksa suhu tubuh dan identifikasi santri Pondok Pesantren Lirboyo, di check point pemeriksaan pendatang masuk perbatasan Trenggalek di Terminal Durenan, Trenggalek, Jawa Timur, Senin (30/3/2020) – Foto Dok Ant

TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mulai Senin (14/9/2020), menghentikan dan menutup operasional checkpoint pemeriksaan warga dan pengendara untuk mengantisipasi penularan wabah COVID-19 ke daerah tersebut.

Bupati Trenggalekm Mochamad Nur Arifin mengatakan, strategi penanganan COVID-19 di daerahnya telah bergeser. Sebelumnya, upaya yang dilakukan lebih menekankan pembatasan wilayah. Saat ini diubah menjadi kearah disiplin wilayah. “Meskipun dibuka bukan berarti Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan melonggarkan penanganan pandemi COVID-19 ini melainkan fokus bergeser kepada disiplin wilayah,” kata Nur Arifin, Senin (14/9/2020).

Saat ini, rasio penularan corona di Trenggalek telah jauh menurun. Trenggalek saat ini berstatus zona kuning, yang artinya angka sebaran semakin kecil. Kasus positif yang terkonfirmasi saat ini tersisa 11 orang, dan semuanya menjalani isolasi tanpa satupun dirawat. “Langkah penanganan dari pembatasan wilayah digeser menjadi disiplin wilayah sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” tambahnya.

Bagi yang tidak mematuhi, akan dilakukan penegakan hukum berupa sanksi denda, sesuai dengan peraturan yang ada. Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring menambahkan, operasi gabungan penerapan protokol kesehatan, dengan melibatkan unsur kepolisian, kejaksaan dan tim kesehatan, resmi mulai digelar Senin (14/9/2020). “Dengan upaya penegakan disiplin ini, diharapkan ada kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Doni mengimbau, Satgas Desa dan Satgas Kelurahan tidak mengendurkan pengawasan. Hal itu akan lebih bagus, jika difokuskan di tingkat desa. “Silahkan lakukan imbauan. Namun bila masih membandel bisa berkoordinasi dengan satgas kabupaten untuk memberlakukan sanksi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...