Chelsea Amankan Satu Poin dari Markas West Brom

Penyerang Chelsea, Tammy Abraham (kanan), mencetak gol pemungkas untuk memaksakan hasil imbang kontra West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Sabtu (26/9/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Chelsea dipaksa berjibaku, untuk bisa mengamankan satu poin dan mengimbangi tuan rumah West Bromwich Albion 3-3, pada laga pekan ketiga Liga Inggris, yang berlangsung di Stadion The Hawthorns, Sabtu (26/10/2020) waktu setempat atau Minggu (27/9/2020) WIB.

Lini belakang Chelsea begitu kacau, hingga dalam setengah jam pertama pertandingan, mereka tertinggal 0-3. Adalah dwigol yang dicetak Callum Robinson dan satu gol dari Kyle Bartley untuk West Brom. Namun, kerja keras The Blues membuahkan satu poin, berkat gol-gol Mason Mount dan Callum Hudson-Odoi, dan ditutup secara dramatis pada injury time oleh Tammy Abraham.

Hasil itu menjadi raihan poin pertama West Brom, sejak promosi ke kasta tertinggi. Dan kini tim besutan Slaven Bilic itu naik ke urutan ke-15 klasemen, sedangkan Chelsea (4) sementara menanjak ke peringkat keenam. Baru empat menit pertandingan berjalan, Marcos Alonso melakukan blunder, yang diakhiri ketenangan Robinson memperdaya Reece James. Sebuah tembakan mampu mengoyak gawang tim tamu. Timo Werner hampir membayar harga mahal yang dikeluarkan Chelsea untuk mendatangkannya dari RB Leipzig, tetapi tembakannya pada menit ke-15 masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-25, blunder kembali terjadi di lini belakang Chelsea, ketika bola umpan Thiago Silva dipotong oleh Robinson. Sebelum mantan penyerang Sheffield United itu menaklukkan kiper Willy Caballero, dan menggandakan keunggulan West Brom.

Dua menit berselang, Caballero kembali memungut bola dari dalam gawangnya, setelah Bartley melakukan sontekan mudah hasil sundulan Darnell Furlong dari situasi sepak pojok, dan membuat West Brom unggul 3-0 hingga babak pertama berakhir.

Frank Lampard berusaha mengatasi situasi defisit tiga gol itu dengan memasukkan Cesar Azpilicueta dan Hudson-Odoi pada awal babak kedua. Masing-masing menggantikan Alonso dan Mateo Kovacic. Keputusan itu terbukti manjur, ketika Azpilicueta mengirim umpan untuk diselesaikan oleh Mount pada menit ke-55. Dan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Chelsea terus menekan dan pada menit ke-70. Giliran Hudson-Odoi menjebol gawang tuan rumah, mengakhiri kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan Kai Havertz. West Brom tiga, Chelsea dua. Kemenangan perdana musim ini tergelincir dari tangan West Brom pada menit ketiga injury time, ketika Abraham bereaksi cepat menyambar bola muntah hasil antisipasi tak sempurna kiper Sam Johnstone, atas tembakan Mount.

Chelsea bakal lebih dulu bertamu ke markas Tottenham Hotspur di putaran keempat Piala Liga Inggris pada Selasa (29/9/2020), sebelum menjamu Crystal Palace di Stamford Bridge untuk laga pekan keempat Liga Inggris empat hari kemudian. Sedangkan West Brom bakal bertandang ke markas Southampton pada Minggu (4/10/2020). (Ant)

Lihat juga...