Disiplinkan Prokes, Koramil Kewapante Gelar Operasi Masker

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Penyebaran virus Corona hingga saat ini belum reda dimana di beberapa daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kasusnya mengalami peningkatan bahkan sudah ditemukan kasus transmisi lokal.

Mengingat masih banyak warga di Kabupaten Sikka yang belum mematuhi protokol kesehatan (prokes) membuat Koramil 1603-04 Kewapante bersama segenap aparat pemerintahan menggelar kegiatan operasi masker.

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata Koramil Kewapante bersama jajaran instansi terkait dalam menegakkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19,” sebut Danramil 1603-04 Kewapante, Kabupaten Sikka, NTT, Kapten. Inf. Ida Bagus Wiryawan, Rabu (17/9/2020).

Wiryawan katakan, operasi masker ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, wajib memakai masker kapan saja dan dimana saja saat keluar rumah.

Ia juga tegaskan pihaknya akan terus mengontrol dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu rutin mencuci tangan dimana saja baik di rumah maupun kantor serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Kita akan terus memberikan imbauan dan melakukan razia agar warga bisa mentaati protokol kesehatan. Masih banyak warga yang tidak mengenakan masker di tempat umum dan menggunakan masker tidak secara benar,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Kewapante, Akualinus menyebutkan, penyebaran virus Corona masih terjadi dan kasusnya mulai meningkat di NTT sehingga masyarakat harus tetap dan semakin meningkatkan kewaspadaan.

Ia tegaskan, segenap aparat pemerintahan dan TNI Polri tetap menggelar berbagai langkah maupun antisipasi dengan melakukan berbagai cara demi mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selain menggelar kegiatan operasi masker kami juga memberikan edukasi secara persuasif dan humanis kepada masyarakat, supaya tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Kewapante,” ujarnya.

Dokter spesialis penyakit dalam RS TC Hillers Maumere, dr. Asep Purnama yang biasa menangani pasien Covid-19 mengingatkan agar masyarakat jangan lengah mengingat jalur transportasi udara dan laut telah dibuka.

Dokter spesialis penyakit dalam yang menangani pasien Covid-19 di RS TC Hillers Maumere, dr. Asep Purnama saat dijumpai, Kamis (17/9/2020) -Foto: Ebed de Rosary

Selain itu kata Asep, wilayah Provinsi NTT dikepung oleh provinsi yang masih zona merah dan terdapat banyak kasus kematian akibat Covid-19 yang kasusnya terus meningkat, seperti Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dan Denpasar Provinsi Bali.

“Kita harus tetap waspada dan jangan lengah karena kasusnya terus mengalami peningkatan. Terapkan protokol kesehatan dan lakukan karantina mandiri secara benar agar bisa memutus mata rantai penyebaran kasus,” sarannya.

Dalam operasi masker tersebut masih ditemukan banyak pengendara roda dua dan roda empat serta pejalan kaki tidak mengenakan masker.

Langkah yang diambil oleh pihak Koramil 1603-04 Kewapante dan pihak pemerintahan kecamatan Kangae yakni memberikan teguran serta edukasi protokol kesehatan Covid-19.

Pihaknya juga memberikan serta memasang masker kepada warga masyarakat secara persuasif dan humanis.

Lihat juga...