Distribusikan Logistik Bencana dan Covid-19, BPBD Sumbar Optimalkan Helikopter

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat mendistribusikan sejumlah logistik ke Kabupaten Limapuluh Kota dengan menggunakan Helikopter Chinook CH-47D. Logistik yang dibawa mulai dari tenda pengungsi serta perlengkapan alat pelindung diri penanganan Covid-19 di daerah itu.

Kalaksa BPBD Sumatera Barat, Erman Rahman, mengatakan, selama ini untuk membawa sejumlah logistik ke daerah terkendala dengan medan jalan serta membutuhkan waktu yang lama, mengingat wilayah kabupaten dan kota di Sumbar cukup jauh dari Kota Padang.

Kalaksa BPBD Sumatera Barat Erman Rahman saat diwawancarai awak media di Padang, Jumat (11/9/2020)/Foto: M Noli Hendra

Kini dengan adanya bantuan dari BNPB ke Sumbar yakni Helikopter Chinook CH-47D maka keberadaan helikopter itu akan digunakan sebaik mungkin terutama untuk mengirim sejumlah logistik ke daerah yang terbilang jauh.

“Jadi khusus hari ini kita berikan ke Kabupaten Limapuluh Kota. Tenda pengungsi yang diberikan itu mengingat daerah tersebut rawan bencana banjir. Serta APD juga kita distribusikan supaya pasokan APD di daerah itu mencukupi dalam penanganan Covid-19,” katanya, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya selain terbang ke Kabupaten Limapuluh Kota pada hari ini, juga akan mendarat di Kota Payakumbuh. Sementara jika waktu jelang sore nanti cuaca mendukung dan tidak hujan, maka juga direncanakan logistik yang serupa juga akan ke Kabupaten Dharmasraya.

“Sebenarnya ke Dharmasraya itu direncanakan kemarin. Tapi dikarenakan hujan kita tunda dulu. Nah semoga hari ini cuaca bagus dan bisa ke Dharmasraya,” sebutnya.

Sementara untuk besok, Helikopter Chinook CH-47D direncanakan akan terbang ke Kabupaten Pasaman Barat tepatnya ke Talu untuk mengantarkan logistik yang serupa sebagai upaya kesiapan logistik penanganan bencana serta penanganan Covid-19.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang pada kesempatan itu juga turut terbang bersama Helikopter Chinook CH-47D ke Kabupaten Limapuluh Kota mengakui bahwa memang hari ini melakukan penerbangan ke Limapuluh Kota.

Soal jadwal keberangkatan untuk Helikopter Chinook CH-47D itu, karena helikopter itu hanya berada di Sumatera Barat 4-5 hari saja. Untuk itu selagi helikopter berada di sini, maka  digunakan sebaik mungkin sebagaimana mestinya.

“Bantuan logistik yang kita distribusikan itu dalam bentuk hibah kepada daerah yang membutuhkannya. Tidak hanya tenda pengungsi dan APS saja, tetapi juga perahu karet yang bisa digunakan untuk evakuasi bila terjadi bencana,” ungkap Irwan.

Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat, Budi Erwanto, menjelaskan, pesawat tersebut adalah sewaan BNPB dari Amerika Serikat untuk mendukung penanganan bencana di Tanah Air, khususnya kebakaran hutan dan lahan dan distribusi logistik Covid-19.

“BNPB mendatangkan armada tersebut untuk mendukung penanganan bencana, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), distribusi logistik, dan Covid-19,” katanya.

Pesawat tersebut memiliki daya angkut hingga 25 ton, selain itu bisa menampung 10 ribu liter air untuk proses water bombing. Helikopter tersebut mampu membawa keperluan Covid-19 seperti satu kendaraan lab PCR.

“Setelah didatangkan, untuk pertama kali digunakan di Sumbar. Untuk itu kita akan memanfaatkan pesawat ini untuk seluruh Indonesia ke depan. Muatan heli jumbo ini, Chinook mampu membawa 1 unit mobil PCR Lab Covid-19 dan 1 unit mobil ambulans,” ucapnya.

Lihat juga...