DPS Pilkada 2020 Karimun Ditetapkan 165.133 Orang

KPU Kabupaten Karimun, Kepri, menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara (DPS) di Hotel Alishan, Karimun, Sabtu (12/9/2020) – foto Ant

KARIMUN – KPU Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. DPS untuk pemungutan suara akhir tahun mendatang berjumah 165.133 orang dengan perincian, 83.608 laki-laki dan 81.525 perempuan.

Penetapan DPS berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP), Sabtu (12/9/2020). “DPS tersebut tersebar di 12 kecamatan, 71 kelurahan atau desa, dan 554 TPS kelurahan dan desa,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko.

Eko menyebut, jumlah pemilih terbanyak di Kecamatan Karimun yaitu 31.242 orang. Sedangkan yang terkecil di Kecamatan Ungar sebanyak 4.433 orang. Jumlah pemilih di Karimun dapat berubah, seiring dengan pelaksanaan tahapan daftar pemilih hasil perubahan, daftar pemilih tetap, dan daftar pemilih tetap tambahan. “Kesempatan itu diberikan agar seluruh warga yang memenuhi persyaratan dapat menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Bagi yang belum terdata oleh petugas pemutakhiran data pemilih saat pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, dapat melaporkan keberadaanya kepada penyelenggara pemilu, agar dimasukan dalam daftar pemilih hasil perubahan.

Bahkan, hingga hari-H pemungutan suara, KPU masih mengakomodasi warga yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih meski namanya belum terdata. “Mereka wajib membawa KTP ketika akan menggunakan hak pilih di TPS yang alamatnya sesuai dengan KTP-nya,” kata Eko. (Ant)

Lihat juga...