Dua Bakal Paslon Mendaftar di Pilkada Sumenep

KPU Sumenep saat menerima berkas pendaftaran bakal pasangan Calon Bupati Sumenep Fattah Jasin - KH Ali Fikri di kantor KPU Sumenep – Foto Ant

SUMENEP – Dua bakal pasangan calon kepala daerah, mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Ppilkada) 2020.

Bakal pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Sumenep, Fattah Jasin-KH Ali Fikri, mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Sabtu (5/9/2020). Sedangkan Bakal Pasangan Calon Achmad Fauzi-Dewi Khalifah datang pada hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9/2020). “Kedua bakal pasangan calon tersebut masing-masing Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan bakal pasangan calon Fattah Jasin-KH Ali Fikri,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi, Minggu (6/9/2020) malam.

Sesuai dengan berkas dukungan yang disampaikan ke KPU Sumenep saat pendaftaran, pasangan Bakal Calon Bupati Achmad Fauzi dan Wakilnya Dewi Khalifah diusung oleh lima partai politik dengan total perolehan kursi di DPRD Sumenep sebanyak 20 kursi. Masing-masing Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak lima kursi, Partai Gerindra enam kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) enam kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak dua kursi, dan Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak satu kursi. “Pasangan ini mendaftar ke KPU pada Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 14.40 WIB,” ungkap Rafiqi.

Sementara pasangan calon, Fattah Jasin dan KH Ali Fikri, diusung oleh lima partai politik, dengan total perolehan kursi di DPRD Sumenep 30 kursi. Masing-masing Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak tujuh kursi, Partai Demokrat sebanyak tujuh kursi, Partai Hanura sebanyak tiga kursi, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebanyak tiga kursi.

Selain diusung oleh lima partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD Sumenep, pasangan ini juga didukung oleh partai yang tidak memiliki perwakilan di DPRD, yakni Partai Golkar. “Fattah-KH Ali Fikri ini, mendaftar keesokan harinya, yakni hari kedua pada 5 September 2020, dan mereka tiba di kantor KPU Sumenep sekitar pukul 10.02 WIB,” jelas Rafiqi.

Saat ini, anggota komisioner pada Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumenep itu mengatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi berkas syarat dukungan yang diserahkan saat mendaftar.

Sesuai jadwal yang telah kami tetapkan verifikasi berkas syarat calon ini dimulai 6 September dan akan berlangsung hingga 12 September 2020. Pemberitahuan kelengkapan berkas syarat administrasi kepada masing-masing pasangan bakal calon selanjutnya akan digelar pada 13 hingga 14 September 2020. Pilkada Kabupaten Sumenep akan digelar pada 9 Desember 2020. Kabupaten Sumenep merupakan satu dari 270 daerah di Indonesia yang akan menggelar pilkada serentak 2020.

Ke-270 daerah yang akan menggelar pilkada serentak tahun ini meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Sementara di Jawa Timur ada 19 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentah yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Malang, dan Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, dan Tuban. (Ant)

Lihat juga...