Dua Pejabat di DLH dan Dinperkim Banyumas Positif Covid-19

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Dua pejabat di Kabupaten Banyumas terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya berasal dari dua dinas yang berbeda, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman (Dinperkim) Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kontak dekat keluarga kedua pejabat tersebut sudah dilakukan swab test dan saat ini sedang menunggu hasilnya.

“Untuk swab test, sudah dilakukan kepada seluruh anggota keluarga keduanya. Sedangkan untuk swab test di kalangan kantor, baru akan dilakukan Senin besok, yaitu terhadap seluruh pegawai di Dinas Lingkungan Hidup dan Dinperkim,” jelasnya, Minggu (20/9/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto di Purwokerto, Minggu (20/9/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Kedua pejabat tersebut diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test yang keluar Sabtu (19/9/2020) sore. Sebelumnya, pada Sabtu pagi, Dinas Lingkungan Hidup baru saja menggelar acara peringatan Word Clean up Day (WCD) dengan membersihkan lingkungan Taman Edukasi Sumber Daya Air (Tesda) di pusat Kota Purwokerto.

Acara WCD tersebut dihadiri berbagai elemen masyarakat dan pejabat, termasuk bupati Banyumas dan para pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Ada sekitar 200 orang yang mengikuti acara DLH tersebut.

Terkait para pejabat serta berbagai elemen masyarakat yang hadir dalam acara WCD dan berinteraksi dengan pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, Sadiyanto mengatakan, pihaknya akan melakukan tracing terlebih dahulu untuk mengetahui siapa saja yang hadir dalam acara tersebut.

“Kita akan tracing dulu yang acara WCD, belum ada rencana swab test untuk yang hadir di acara tersebut. Jadi untuk hari Senin (21/9/2020), sementara baru pegawai pada dua dinas tersebut yang dilakukan swab test,” kata Kadinkes.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, saat dikonfirmasi terkait dua pejabat yang positif Covid-19 tersebut mengatakan, keduanya sudah menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, ia mengaku belum mengetahui di rumah sakit mana keduanya dirawat.

“Saya belum tahu keduanya dirawat di rumah sakit mana, namun dari informasi keduanya masih dalam kondisi sehat-sehat saja,” katanya.

Tentang acara Word Clean up Day di Taman Edukasi Sumber Daya Air, Wabup mengatakan, kebetulan ia tidak hadir karena ada agenda acara lain. Sehingga ia tidak mengetahui secara pasti siapa saja yang hadir dalam acara tersebut.

Dari data Dinkes Kabupaten Banyumas, sampai saat ini pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 66 orang. Total jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Banyumas sudah menembus 403 orang, dengan korban meninggal dunia 10 orang.

Lihat juga...