Empat Paslon Mendaftar Pilkada Rejang Lebong

Pendaftaran peserta Pilkada Serentak 2020 di KPU Rejang Lebong – Foto Ant

REJANG LEBONG – Empat bakal pasangan calon tercatat mendaftarkan diri sebagai peserta pilkada serentak 2020 Kabupaten Rejang Lebong.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo di Rejang Lebong, Minggu (6/9/2020) malam mengatakan, hingga hari terakhir batas pendaftaran, terdapat empat bakal pasangan calon yang telah mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong, baik yang diusung gabungan partai politik maupun jalur perseorangan. “Karena seperti yang diatur dalam PKPU nomor 5 tahun 2020, pada hari terakhir pendaftaran waktunya sampai jam 12 malam, kalau yang melapor kepada kita itu semua sudah mendaftar pada hari ini, kalau memang masih ada, ya silahkan mendaftar,” tandasnya.

Seluruh partai politik, yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong, tercatat sudah memberikan dukungan atau mengusung kandidat yang mendaftarkan diri bersama dengan kandidat jalur perseorangan.

Adapun empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang sudah mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong antara lain, pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah yang maju dari jalur perseorangan dengan didukung PKS, kemudian pasangan calon M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji yang diusung PAN dan Perindo. Keduanya mendafytar di hari pertama, Jumat (4/9/2020).

Selanjutnya pada hari kedua, Sabtu (5/9/2020), pasangan calon M Faisal Manaf-Fatrolazi yang diusung PKB, Hanura, Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, serta didukungan dua parpol non parlemen yakni PPP dan PSI, mendaftarkan diri. Di hari terakhir, Minggu (6/9/2020), peserta yang mendaftar adalah pasangan calon Susilawati-Ruswan YS yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Setelah proses pendaftaran keempat pasangan calon, selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan perbaikan berkas pendaftaran, yang dinyatakan belum lengkap pada 14-16 September nanti. Para kandidat yang sudah mendaftar selanjutnya pada Senin (7/9/2020) akan mengikuti tes psikologi di Kota Bengkulu.

Kemudian di 8 September mengikuti pemeriksaan kesehatan, yang dilanjutkan pada tahapan lainnya. Sementara itu untuk bakal calon wakil bupati atas nama Tarsisius Samuji, pasangan Cabup M Fikri Thobari yang saat pendaftaran tidak bisa hadir lantaran sedang sakit, sesuai dengan mekanisme harus dinyatakan sembuh terlebih dahulu dan nantinya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan susulan.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso menyebut, sejauh ini proses pendaftaran peserta pilkada di daerah itu berjalan lancar dan tertib. Belum ditemukan adanya pelanggaran-pelanggaran yang berarti. “Untuk pelanggaran mungkin terhadap pelanggaran COVID-19, bahwa ada aturan terkait dengan pembatasan orang, mengatur jarak dan lainnya. Banyak yang kali ini sulit kita tegakan karena protokol COVID-19 ini bukan ranahnya Bawaslu atau KPU tetapi pihak lainnya,” kata Dodi. (Ant)

Lihat juga...