Everton Awali Musim Dengan Mencuri Poin di Kandang Tottenham

Penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin (kedua kanan), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawnag Tottenham Hotspur dalam laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu (13/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Everton, mengawali musim dengan mencuri kemenangan 1-0 di markas Tottenham Hotspur, pada laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu (13/9/2020) waktu setempat atau Senin (14/9/2020) dinihari WIB.

Dominic Calvert-Lewin, mencetak gol semata wayang yang menyokong kemenangan Everton tersebut. Hasil itu melambungkan harapan para suporter Everton, yang setengah musim terakhir begitu mengelu-elukan kehadiran manajer reputasi kelas dunia Carlo Ancelotti.

Ancelotti kini mendapat dua senjata andalan di klub-klub terdahulunya, Allan dan James Rodriguez. Pemain yang didatangkan ke Everton dan melakoni debut bersama satu rekrutan baru lainnya, Abdoulaye Doucoure. Sebaliknya, di kubu Tottenham kekalahan tersebut jadi hasil yang patut dilupakan bagi Matt Doherty dan Pierre Emile Hojbjerg, yang menjalani debut di bawah arahan Jose Mourinho.

Everton menciptakan peluang bagus pada menit ke-17, ketika Richarlison meninggalkan Toby Alderweireld, dan memperdaya kiper Hugo Lloris. Namun sayang, tembakan yang dilakukan dari sudut sempit melambung tak tentu arah.

Sebaliknya, Tottenham mengancam ketika Son Heung-min mengirim umpan silang, yang sayang tak mampu dijangkau oleh Harry Kane. Di menit 32, tembakan keras Bamidele Alli mampu ditepis ke atas mistar gawang oleh Jordan Pickford dan kiper tim nasional Inggris itu kembali melakukan penyelamatan atas tembakan voli jarak dekat Doherty demi memastikan babak pertama berakhir imbang nirgol.

Sepuluh menit memasuki babak kedua kebuntuan pecah, dan Calvert-Lewin melompat lebih tinggi dari Eric Dier dan Alderweireld, untuk menanduk umpan tendangan bebas Lucas Digne, demi membawa Everton memimpin. Richarlison memperoleh dua peluang beruntun untuk menggandakan keunggulan Everton, tetapi tembakannya selalu melenceng dari sasaran. Tottenham sebetulnya memiliki peluang bagus untuk mencetak gol balasan, setelah sepak pojok Son diteruskan dengan sundulan Alderweireld

Tetapi Ben Davies yang menghadapi gawang dari jarak dekat, malah melepaskan tembakan tak tentu arah. Everton bakal berusaha melanjutkan tren positif mereka ketika menjamu tim promosi West Bromwich Albion di Goodison Park pada Sabtu (19/9/2020). Sedangkan Tottenham wajib bangkit untuk bisa meraih hasil bagus dalam lawatan ke Southampton. (Ant)

Lihat juga...