Forkopimda Kembali Bagikan Ribuan Masker di Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terus berjibaku melakukan upaya pencegahan penularan penyakit virus corona (COVID-19) dengan terus membumikan pentingnya penggunaan masker.

Tim Polisi dari Polres Metro Bekasi Kota, melalui setiap Polsek atau tiga pilar melibatkan kecamatan, Koramil dengan berbagai cara terus mengingatkan warga di jalur lintasan, di pasar, di toko tentang pentingnya menggunakan masker.

Bahkan Pemkot Bekasi kembali memberikan 75 ribu masker, melalui Polrestro Bekasi Kota untuk dibagikan secara serentak di berbagai sudut wilayah Kota Patriot. Beberapa hari terakhir terpantau secara rutin tiga pilar di wilayah setempat melakukan sosialisasi dengan membagikan masker bagi pengguna jalan.

“Penggunaan masker sekarang harus dijadikan budaya dan gaya hidup baru,” kata AKP Agus, Waka Polsek Bekasi Selatan ditemui Cendana News di lokasi sosialisasi, Jumat (11/9/2020).

Waka Polsek Bekasi Selatan AKP Agus, ditemui usai Grebek Masker di sekitar pasar Pagi. Sosialisasi dilakukan serentak dalam beberapa hari ke depan, Jumat (11/9/2020). -Foto: M. Amin

Dikatakan, sosialisasi serentak dilaksanakan jajaran Polres Metro Bekasi Kota, dan menamakan  ‘Grebek Masker’ dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Menurutnya sosialisasi ini penting untuk mengingatkan karena banyak warga sudah tidak peduli dengan masker saat berada di luar rumah. Sementara diketahui jumlah terkonfirmasi di Kota Bekasi terus meningkat sebagai wilayah penyangga DKI Jakarta. Tugas Forkopimda hanya mengingatkan bahwa Covid-19 masih jadi ancaman.

Terpantau, di lokasi masih banyak warga yang belum memiliki kesadaran untuk menggunakan masker, bahkan sempat diberikan teguran keras oleh Satpol PP Kecamatan Bekasi Selatan.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat pemberian masker di Polres Metro Bekasi Kota, mengingatkan    warga yang berumur 60 tahun dan ada comorbid (penyakit bawaan) semacam penyakit asma, paru dan lainnya untuk lebih waspada.

Dikatakan kembali dibagikan masker secara gratis untuk mendukung program ATHB Pemerintah Kota Bekasi sekaligus menegakkan pengawasan protokol kesehatan serta menekan kepada para warga agar penyebaran Covid-19.

Beragam elemen diturunkan membantu sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 bahkan dengan melibatkan Dharma Wanita Persatuan (DWP) untuk masuk di kalangan rumah tangga.

Berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Bekasi meliputi penerapan protokol kesehatan yang ketat di tempat usaha jasa pariwisata dan perkantoran. Kemudian penerapan program RW Siaga di seluruh RW se- Kota Bekasi, penerapan program pengawasan ketahanan pangan dan zero criminal.

Bahkan  penyediaan posko rapid test gratis di Stadion Patriot Chandrabhaga bagi masyarakat Kota Bekasi yang membutuhkan.  Hal tersebut dilakukan untuk optimalisasi protokol kesehatan kepada masyarakat melalui Gebrak Masker (Gerakan Bersama Memakai Masker).

Lihat juga...