Gerakan Perekonomian, Aceh Barat Berdayakan UMKM untuk Memproduksi Masker

Bupati Aceh Barat, Ramli MS – foto Ant

MEULABOH – Pemkab Aceh Barat, Aceh berupaya memberdayakan keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk memproduksi masker. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan geliat perekonomian masyarakat.

“Pemberdayaan UMKM ini sangat perlu dilakukan, sehingga setiap usaha kecil milik masyarakat lokal akan berkembang di tengah pandemi COVID-19,” kata Bupati Aceh Barat, Aceh, Ramli MS di Meulaboh, Rabu (2/9/2020).

Tujuan memproduksi masker kain tersebut untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Harapannya, setiap masyarakat dapat memiliki usaha rumahan, seperti membuat masker, yang mampu menggenjot ekonomi lokal maupun daerah.

Selain pembuatan masker, pemerintah daerah juga berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi. “Pengembangan UMKM untuk membuat masker ini, juga sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi rakyat,” tandas Ramli MS.

Sementara itu di tempat terpisah, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menyerahkan bantuan masker dan media sosialisasi kepada Pemerintah Aceh, dalam upaya mendukung program Gebrak Masker Aceh (GEMA) yang dicanangkan pemerintah setempat.

Program GEMA dilakukan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya selalu menggunakan masker, dan menerapkan protokol kesehatan.  Ada pun jumlah masker yang diserahkan terdiri dari masker non medis 400 lembar, dan masker medis 250 lembar. “Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, dengan   disiplin  mengikuti  arahan  dan  imbauan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Aceh,” kata General Manager SBA, Durain Parmanoan di Aceh Besar, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, pencegahan adalah upaya yang utama, dengan menegakkan disiplin dengan tetap berada di rumah, tidak   mendatangi lokasi keramaian, rajin mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). (Ant)

Lihat juga...