GNLD ‘Siberkreasi’ Raih Penghargaan WSIS Prizes 2020

Josis Mokalu di Jakarta, Senin, (12/08/2019). -Ant

JAKARTA – Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, meraih penghargaan dalam ajang World Summit on The Information Society (WSIS) Prizes 2020.

“Saya berharap penghargaan tersebut dapat menginspirasi banyak pihak untuk makin giat melakukan kegiatan literasi digital dan mempersempit digital divide,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam siaran pers, dikutip Selasa (8/9/2020).

GNLD Siberkreasi dinobatkan sebagai pemenang dalam ketagori Action Lines WSIS C4 Capacity Bulding, yang terkait dengan pemenuhan tujuan SDGs Goal 4: Quality Education.

Menkominfo menyatakan, literasi digital berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia, agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai.

“Selain bisa menggunakan teknologi secara produktif, juga tidak mudah terseret hoaks,” kata Johnny.

Pemerintah sedang menggenjot pembangunan infrastruktur telekomunikasi, guna meningkatkan rasio ketersambungan internet, internetifikasi, bagi 260 juta penduduk Indonesia, upaya mempersiapkan kemampuan para pengguna internet perlu dilakukan secara simultan.

“Maka, inisiatif literasi digital oleh GNLD Siberkreasi sangatlah relevan saat ini, dan perlu direplikasi agar dapat menjangkau sebanyak mungkin penerima manfaat,” kata Johnny.

Ketua Umum GNLD Siberkreasi, Yosi Mokalu, dalam kesempatan yang sama, menyatakan mereka akan berinovasi meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia, agar mereka bisa menggunakan internet dalam cara yang aman, terpercaya dan optimal.

“Kami harap, kemenangan GNLD Siberkreasi ini dapat menginspirasi gerakan akar rumput lain untuk terus semangat menyebarkan literasi digital, tidak hanya yang berada di Indonesia, namun juga dunia. Mari terus berkomitmen mewujudkan dunia yang lebih baik,” kata Yosi.

Forum WSIS merupakan platform lintas pemangku kepentingan di bidang TIK yang bernaung di bawah PBB. Setiap tahunnya, ribuan pegiat TIK dari berbagai latar belakang dan asal negara berkumpul di markas besar International Telecommunication Union (ITU), Jenewa.

Kontes WSIS Prize ditujukan untuk memilih beragam inisiatif pemerintah, masyarakat dan lembaga yang sukses memanfaatkan TIK untuk pembangunan berkelanjutan.

GNLD Siberkreasi didirikan pada Oktober 2017 lalu, saat ini memiliki 108 mitra institusi pemangku kepentingan majemuk baik dari korporasi/swasta, pemerintah, organisasi masyarakat sipil, komunitas, operator telekomunikasi, platform digital, media, akademisi, hingga pegiat literasi digital. (Ant)

Lihat juga...