Gol Tunggal Mbappe Bawa Prancis Atasi Swedia

Penyerang tim nasional Prancis, Kylian Mbappe, melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Swedia dalam laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat – foto Ant

JAKARTA – Tim Nasional Prancis sukses mengatasi tuan rumah Swedia 1-0, berkat gol tunggal Kylian Mbappe, pada laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 (A3) yang digelar di Stadion Friend Arena, Solna, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat atau Minggu (6/9/2020) WIB).

Mbappe mencetak golnya empat menit menjelang bubaran babak pertama, ketika ia berhasil melewati hadangan dua pemain Swedia, sebelum akhirnya melepaskan tembakan dari sudut sempit untuk menaklukkan kiper Kasper Schmeichel. Swedia tampil cukup agresif melepaskan lebih banyak percobaan tembakan dibandingkan tamunya. Tercatat ada sembilan banding tujuh tembakan percobaan, meski hanya satu saja yang menemui sasaran.

Peluang itu lahir pada menit ke-89 lewat tembakan spekulasi Emil Forsberg dari tepian kotak penalti. Tetapi kiper Hugo Lloris sigap mengamankan keadaan. Sebaliknya, Prancis punya satu peluang untuk menggandakan keunggulan di pengujung laga, ketika Victor Lindelof menjatuhkan Anthony Martial di dalam area terlarang. Akan tetapi, Antoine Griezmann yang menjadi algojo melepaskan tembakan penalti yang melambung tinggi di atas gawang. Dampaknya, Prancis harus puas hanya dengan kemenangan 1-0 atas Swedia.

Penyerang tim nasional Portugal, Joao Felix, meluapkan kegembiaraan usai menjebol gawang Kroasia dalam pertandingan UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat – foto Ant

Sementara itu, di laga lain di rup yang sama, timnas Portugal menghantam tamunya Kroasia 4-1, di Stadion Dragao, Porto. Pada laga yang digelar dalam waktu bersamaan tersebut Portugal tidak diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo.

Absennya Ronaldo, yang mengalami cedera infeksi jari kaki, tak membuat Portugal kekurangan pasokan gol dan menang berkat Joao Cancelo, Diogo Jota, Joao Felix dan Andre Silva, yang masing-masing menyumbang satu gol. Sedangkan Kroasia hanya bisa membalas sekali melalui Bruno Petkovic.

Laga berlangsung panas sejak awal dan kedua tim saling serang, tetapi Portugal hampir membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-23, jika saja tembakan Felix tak membentur tiang gawang. Empat menit kemudian lagi-lagi tiang gawang menyelamatkan Kroasia, ketika umpan silang Bruno Fernandes ditanduk oleh Jota.

Tiang gawang sepertinya begitu berjodoh dengan bola-bola tembakan Portugal, sebab pada menit ke-33, sekali lagi kiper Dominik Livakovic tak mampu menjangkau bola tetapi diselamatkan tiang gawang dari tembakan Raphael Guerreiro. Kerja keras Portugal akhirnya membuahkan keunggulan empat menit jelang turun minum, ketika Cancelo melepaskan tembakan keras dari tepian kotak penalti, untuk menghujamkan bola ke pojok kiri atas gawang.

Gelombang serangan Portugal terus mengalir memasuki pada babak kedua. Dan di menit ke-58, Jota berlari kencang untuk menjangkau umpan lambung Guerreiro, akhirnya sukses memperdaya livakovic untuk menggandakan keunggulan tuan rumah. Pada menit ke-70, Felix memperbesar marjin keunggulan Portugal jadi 3-0, setelah ia melepaskan tembakan mendatar yang gagal dihalau oleh Livakovic.

Kroasia sempat memperkecil ketertinggalan semenit memasuki injury time, ketika Petkovic menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan bersama Ante Rebic, dengan sepakan terarah demi menaklukkan kiper Anthony Lopes. Namun, tepat di pengujung laga, Andre Silva memastikan kemenangan Portugal jadi 4-1, setelah ia menanduk umpan sundulan Pepe dalam situasi sepak pojok.
Kemenangan 1-0 itu hanya cukup menempatkan Prancis di urutan kedua klasemen sementara Grup A3 sebab di laga lain Portugal membekuk Kroasia 4-1.

Prancis selanjutnya akan menjamu Kroasia di Paris pada Selasa (8/9) waktu setempat, ketika pada saat bersamaan Portugal ganti bertandang ke Swedia. Kemenangan itu membuat Portugal mengawali perjuangan mereka mempertahankan trofi UEFA Nations League dengan memuncaki klasemen Grup A3, dengan koleksi tiga poin dan keunggulan selisih gol dibanding Prancis (3). Sedangkan Kroasia berada di dasar klasemen, di bawah Swedia, meski sama-sama berstatus nirpoin. (Ant)

Lihat juga...